https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Asosiasi, Kelompok sosial, kelompok kemasyarakatan, dan kelompok statistik (Robert Bierstedt, 1948)

Asosiasi, Kelompok sosial, kelompok kemasyarakatan, dan kelompok statistik (Robert Bierstedt, 1948) – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Asosiasi, Kelompok sosial, kelompok kemasyarakatan dan kelompok statistik. Yuk, langsung dibahas.

Asosiasi, Kelompok sosial, kelompok kemasyarakatan, dan kelompok statistik (Robert Bierstedt, 1948)
Asosiasi, Kelompok sosial, kelompok kemasyarakatan, dan kelompok statistik (Robert Bierstedt, 1948)


Robert Bierstedt mendasarkan klasifikasinya atas ada tidaknya organisasi, hubungan antaranggota kelompok, dan kesadaran jensi. Ketiga dasar itu, akhirnya menghasilkan empat jenis kelompok sosial, yaitu asosiasi, kelompok sosial, kelompok kemasyarakatan, dan kelompok statistik.

1. Asosiasi, yaitu kelompok yang memenuhi ketiga kriteria di atas. Bahkan secara lebih rinci, dalam asosiasi  terdapat kesadaran jenis, persamaan kepentingan, terjadi kontak dan komunikasi sosial, ada ikatan organisasi formal, diarahkan pada suatu tujuan yang jelas, dan keanggotaanya bersifat sukarela, bukan berdasarkan status. Ada tiga kegiatan utama yang mendasari pembentukan asosiasi, yaitu pemenuhan minat pribadi anggota-anggotanya, sebagai sarana pelayanan sosial, dan sebagai sarana kegiatan politik.

Orang yang memiliki minat tertentu dapat memasuki organisasi yang anggota-anggotanya terdiri atas orang-orang yangmmeiliki minat yang sama. Asosiasi pemenuhan minat antara lain berupa kelompok bulu tangkis, maka anda dapat menjadi anggota asosiasi bulu tangkis. Dalam asosiasi ini, para anggota dapat merencanakan program dan melaksankan program itu secara bersama-sama tanpa harus menggantungkan diri kepada bantuan organisasi lain.

Adapun asosiasi pelayanan sosian antara lain dapat ditemukan pada asoasi Palang Merah Remaja, SAR (Search and Rescue), Dompet Dhuafa, dan lain-lain. Misalnya, untuk penyantunan yatim piatu, sebuah asosiasi pelayanan sosial dapat mengembangkan suatu program tertentu. Apabila program itu berjalan dengan baik di masyarakat, maka akan mendapat dukungan dari organisasi lain atau pemerintah sehingga program yang dirintis semakin berkembang.

Asosiasi jenis ketiga adalah asosiasi yang kegiatan utamanya terpusat pada politik. Asosiasi kegiatan politik ini dapat berupa partai-partai politik atau bentuk-bentuk lain yang intinya bergereak di bidang politik, seperti perkumpulan wanita pemilik hak pilih yang akan membuat keputusan untuk mengarahkan suara wanita kepada kandidat tertentu.

Asosiasi, Kelompok sosial, kelompok kemasyarakatan, dan kelompok statistik (Robert Bierstedt, 1948)
Asosiasi, Kelompok sosial, kelompok kemasyarakatan, dan kelompok statistik (Robert Bierstedt, 1948)


2. Kelompok sosial, kelompok jenis ini, hanya memenuhi dua dari tiga kriteria di atas. Anggota-anggota kelompok sosial memiliki kesadaran jenis dan terjadi hubungan sosial, namun tidak diikat oleh organisasi formal. Contoh lain dari kelompok sosial adalah kelompok teman, kelompok kerabat, dan lain-lain.

3. Kelompok kemasyarakatan, kelompok jenis ini, anggota-anggotanya memiliki kesadaran jjenis tetapi tidak ada hubungan sosial dan ikatan organisasi. Contoh dari kelompok kemasyarkatan adalah kelompok penduduk wanita Indonesia dan Kelompok penduduk Pria Indonesia.

4. Kelompok Statistik; Kelompok jenis ini, anggota-anggotanya tidak memiliki kesadaran jenis, tidak memiliki hubungan sosial, dan tidak diikat oleh suatu organisasi formal. Kelompok ini merupakan hasil ciptaan para ilmuawan sosial untuk melakukan analisis. Misalnya kelompok anak berusia 9 tahun sampai dengan 21 tahun, kelompok manusia tak produktif dan lain-lain.


Demikianlah Artikel Tentang Asosiasi, Kelompok sosial, kelompok kemasyarakatan, dan kelompok statistik (Robert Bierstedt, 1948). Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...