https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Tentang Reference Group Dan Membership Group (Robert K. Merton, 1965)

Artikel Tentang Reference Group Dan Membership Group (Robert K. Merton, 1965) – Hai sahabat, artikel kali ini akan membahas tentang Reference Group dan Membership Group. Yuk, langsung dibaca :

Artikel Tentang Reference Group Dan Membership Group (Robert K. Merton, 1965)
Artikel Tentang Reference Group Dan Membership Group (Robert K. Merton, 1965)


1. Reference Group

Cobalah amati kakak-kakak kelas anda yang sekarang sudah duduk di kelas XII. Tentu diantara mereka ada yang mendambakan dapat diterima di perguruan tinggi, atau barangkali beberapa diantaranya sudah dinyatakan diterima melalui Jalur PMDK (Penelurusan minat, bakat dan kemampuan) Walaupun belum resmi lulus sekolah.Amati tingkah laku dan gaya mereka.

Perilaku seperti itu menunjukkan bahwa kakak kelas anda tersebut sedang menjadikan kelompok sosial mahasiswa seabgai rujukan atau referensi bagi dirinya. Di dalam masyarkat, sering terjadi seorang anggota kelompok sosial tertentu justru prilakunya mengacu pada nilai-nilai dan norma kelompok sosial lain yang secara resmi bukan kelompoknya. Dalam contoh di atas, kelompok sosial mahasiswa merupakan Reference Group bagi kakak kelas Anda. Reference group (kelompok acuan) adalah kelompok sosial yang menjadi acuan (referensi) bagi seseorang untuk membentuk pribadi dan perilakunya.

Kelompok acuan bisa berasal dari kelompok dalam (in-group) maupun kelompok luar(out-group). Namun, kebanyakan berasal dari kelompok luar (out group). Kelompok acuna tersebut, mempunyai hubungan dengan orang yang menjadikannya referensi. Ada dua tipe umum referensi group, yaitu sbb :
a. Tipe normatif; Misalnya anda merasa yakin untuk mengkonsumsi suatu makanan instant apabila pada kemasan makanan terdapat label register dari Departemen kesehatan. Depkes menjadi kelompok acuan yang nilai dan aturan-aturannya dijadikan dasar bagi anda untuk membentuk sikap dalam mengkonsumsi makanan. Kelompok acuan ini menjadi sumber nilai bagi individu baik yang menjadi anggota atau bukan anggota.

b. Tipe perbandingan; tipe ini dipakai sebagai perbandingan untuk menentukan kedudukan dan sikap seseorang. Contoh, anda seorang siswa yang lulus ujian dan hendak meneruskan pendidikan ke jenjang universitas atau perguruan tinggi. Anda dihadapkan ke dalam pilihan, fakultas apa yang hendak anda ambil.D alam rangka menentukan pilihan tersebut, Anda melihat dan membandingkan dua tetangga anda yang berfrofesi sebagai dokter dan pengacara. Dari segi ekonomi ternyata pengacara memiliki keunggulan dibanding dengan dokter. Atas perbandingan itu kemudian Anda menjatuhkan pilihan untuk melanjutkan kuliah di Fakultas hukum.

Artikel Tentang Reference Group Dan Membership Group (Robert K. Merton, 1965)
Artikel Tentang Reference Group Dan Membership Group (Robert K. Merton, 1965)


2. Membership Group

Membership Group adalah semua kelompok sosial yang melibatkan anda sebagai anggotanya. Apabila anda menjadi anggota kelompok ilmiah remaja (KIR) di sekolah, maka KIR dan sekolah anda merupakan Membership Group bagi anda. Akan tetapi, apabila teman anda bukan termasuk anggota KIR tersebut, maka KIR bukan merupakan membership group, sedangkan sekolah merupakan membership group bagi teman anda. Dari contoh ini, dapat disimpulkan bahwa membership group bagi seseorang belum tentu merupakan membership group bagi orang lain. Sebuah kelompok sosial menjadi membership group bagi anda bila secara fisik anda menjadi anggotanya.

Keanggotaan secara fisik berarti secara resmi menjadi anggota. Ada kalanya seseorang secara resmi merupakan anggota suatu kelompok (masih terdaftar), namun sudah tidak aktif lagi dalam kelompok tersebut. Perilakunya pun mengacu kepada kelompok lain. Sebaliknya, ada orang yang secara resmi bukan anggota suatu kelompok (Tidak terdaftar), namun sudah menganggap diriny menjadi bagian dari kelompok tersebut. Hal seperti inilah yang dialami oleh kakak kelas anda yang kita bicarakan di atas. Secara fisik kakak kelas anda belum menjadi mahasiswa, namun sudah menganggap dirinya sebagai mahasiswa. Tingkah laku dna gayanya juga seperti seorang mahasiswa, padahal kakak kelas anda tersebut masih merupakan bagian dari siswa di sekolah anda, sehingga kelompok soial siswa-siswa di seklah anda merupakan membership group baginya.

Demikianlah Artikel Tentang Reference Group Dan Membership Group (Robert K. Merton, 1965). Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...