https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan


Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan – Hai sahabat, Artikel kali ini akan membahas tentang Tradisi Lisan Dan contoh-contoh Tradisi Lisan. Yuk, langsung dibahas:

Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan
Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan


- Tradisi Lisan

Ada dua wujud bahasa, yaitu bahasa lisan dan tulis. Bahasa lisan telah digunakan sejak awal peradaban manusia. Beberapa lama kemudia manusia meneukan dan mengneal bahasa tulis. Penggunaan bahasa lisan dan tulis dari dahulu hingga sekarang malhirkan tradisi lisan dan tulis. Diantara banyak bahasa dan dialek di Indonesia, hanya delapan yang memiliki tradisi sastra tulis, diantara adalah tradisi tulis Melayu, tardisi tulis Aceh, tradisi tulis BALI, tradisi tulis sunda, tradisi tulis Sumatera Selatan, tradisi tulis Batak, dan tradisi tulis Sulawesi Selatan (Indonesi Heritage, Jilid 10, 2002).

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih sangat mengandalkan tradisi lisan dalam hal pemeliharaan dan pewarisan budaya masyarakat dari generasi ke generasi. Seerti pemerliharaan dan penyampaian ilmu pengetahuan, adat istiada, sejarah, fislafat, moral, agama, keduduka sosial, dan norma-norma masyarakat. Tradisi lisan menjelma dalam kisah-kisah lisan di berbagai darah di Indonesia dengan berbagai nama.

Kisah lisan memiliki beberapa ciri yang lazim. Biasanya banyak sekali – Panjanglebar dan berlebihan dalam bahasa- menggunakan pola dan susunan baku untuk membantuk pencerita memproses upcaran dan mengingat teksnya. Cerita tersusun dari serangkaian peristiwa yang benar-benar terjadi, dongeng kahayalan atau teks keagamaan. Pencerita mengikuti kerangka kerja dasar, tetapi tak ada dua pencerita yang menceritakan satu kisah dengan cara yang sama. Mereka akan menambakan gaya dan sikapnya sendiri, memperbesar peran tokoh-tokoh tertentu yang mereka sukai atau menambah kelucuannya, tergantung pada khalayak pendengarnya (Indonesian Heritage, jilid 10 2002).

Tradisi lisan lahirkan cerita rakyat, seperti mitos, legenda dan dongeng.

- Contoh-Contoh tradisi Lisan
Indonesia terdiri dari bermacam-macam masyarakat bahasa. Setiap masyarakat bahasa di Indonesia memiliki tradisi lisan, baik yang berupa mitos, legenda dan dongeng yang dipentaskan berbagai seni pertujukan sebagai sarana pewarisan dan pengembangan kebudayaan dari generasi ke generasi. Berikut ini disajikan beberapa contoh tradisi lisan dalam bebrapa masyarakat bahasa yang ada di indonesia, disarikan dari Indonesia Heritage, jilid 10 (2002).

1. Wayang kulit
Wayang kulit adalah teater boneka bayang-bayang di Indonesia. Kumpulan lakonnya banyak bersumber dari legenda dan kisah lisan sastra dari tradisi india dan jawa. Wayang kulit disukai di bali, Sumatera selatan dan Jawa barat, namun Jawa tengah dianggap sebagian tempat asal bentuk teater ini. Dalang atau pemain boneka menggelar pertujukakn di depan layar lebar dna menghidupkan wayang-wayangnya dengan menirukan berbagai suara dan bunyi-bunyian.
2. Mak yong
Tradisi teater Mak yong berasal dari Pattani di Muangthai Selatan mulai abad ke-16 dan menyebar ke selatan melalui Semenanjung Melayu ke singapura dan tempat-tempat yang sekarang disebut Provinsi Riau, Sumatera Utara dan Kalimantan Barat. Mak Yong disebut teater terindah karena menggabungkan banyak unsure pertunjukan seperti drama, tari, music, mimic dan sebagainya. Aslinya mak Yong dipertunjukkan bagi kelas atas di Istana sulta, khususnya di Kelantan (Sekrang Malaysia bagian timur laut) dan Riau-Lingga, Jantung peradaban Melayu hingga tahun 1700-an.

3. Didong
Didong adalah bentuk kesenian tradisional orang Gayo di daerah bagian tengah Provinsi Riau di Sumatera. Kata didong dipercaya berasal dari dendang yang berbarti sama dengan denang dan donang dalam bahasa Gayo, berarti menghibur diri sendiri dengan menyanyi diiringi music sambil bekerja. Didong meliputi seni sastra, suara dan tari. Pemain menyanyikan syair atau sajak dengan mengikuti iringan music khusus. Pertunjukkan diperindah dengan gerakan lengan, kepala dan badan.

4. Tanggomo
Tanggomo merupakan bentuk puitis secara lisan Gorontalo, Sulawesi Utara. Syair Tanggomo menceritakan kisah yang sedang hangat atau peristiwa menarik setempat, mempunyai banyk penganut. Selain menghibur, tanggomo juga memberi penerangan. Tanggono merekam peristiwa sejarah, mitos, legenda, kisah keagamaand an pendidikan. Secara harfiah, tanggomo berarti menampung; dan penyanyi tanggomo (ta motanggomo) menampung minat penonton, menyampaikan crita dengan semenarik mungkin.

Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan
Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan


5. Rabab Pariaman
Rabab Pariaman merupakan tradisi pertunjukan lisan dan Sumatera Barat. Penyampaian cerita dipersembahkan dalam bentuk nyanyian oleh tukang rabab,,yang selalu laki-laki.

6. Pantun Sunda
Pantun Sunda merupakan sebentuk penceritaan bersyair orang Sunda di Jawa Barat. Dipertunjukkan dengan diiringi music kecapi inding. Cerita Pantun merupakan campuran antara percakapan, lagu dan syair cerita, biasanya berbnetuk pencaraian kerohanian. Tradisi menceritakan pantun Sunda dilaksanakan sebelum atau sesudah upacara tradisional, seperti pernikahan. Pada upacara keagamaan, juru pantun mungkin akan berpuasa selama beberapa hari dan membakar kemenyan sebelum mulai bernyanyi.

Demikianlah Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan. Semoga bermanfaat.



Tag : Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan, Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan, Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan, Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan, Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan, Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan, Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan, Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan, Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan, Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan, Artikel Tentang Tradisi Lisan Dan Contoh-Contoh Tradisi Lisan

1 komentar:

  1. Ditempat saya (Mandar, Sulawesi Barat) ada juga tradisi lisan dengan bersyair, namanya Tradisi Kalindaqdq, alhamdulillah tradisi ini masih sering di jumpai pada ada acara-acara tertentu, seperti Khatam quran, menyambut tamu istimewa, hingga acara pengantin.

    BalasHapus

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    4 minggu yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...