https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia

Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia – Hai sahabat, artikel kali ini akan membahas tentang Asal-usul bahasa di dunia. Yuk, langsung dibahas:

Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia
Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia 


Kehadiran teknologi komunikasi, informasi dan transportasi membuat setiap orang memiliki peluang yang sangat besar untuk mendengar pembicaraan dalam bahasa asing, bahasa yang tidak dimengerit sama sekali olehnya. Mungkin beberapa bahasa asing sudah akrab di telinga kita, meskipun tidak mengetahui artinya. Melalui televise, setiap hari kita dapat mendengar dan menyanyikan pembciaraan bahasa asing, contoh yang sudah akrab di telinga kita tetapi masih sedikit memahaminya adalah Bahasa Inggris, Bahasa China, dan berbagai bahasa asing lainnya yang memang asing di telinga kita.
Berapaka jumlah bahasa di dunia ini? Tentu mengingat ruang lingkupnya yang sangat luas, melibatkan semua masyarakat dan suku bangsa di dunia, maka sangat sulit untuk memberi jawaban yang pasti. Bahkan menurut Comrie (2001) yang dikutip oleh Lucy Ruth Montolalu, Muhadjir dan  Multamia RMT Kauder dalam buku Pesona bahasa, langkah awal memahami Linguistisk (2005), belum ada pihak yang dapat menjawab dengan pasti jumlah bahasa di dunia. Buku-buku acuan diperkirakan hanya 20 bahasa di dunia yang memiliki penutur dengan jumlah terbanyak di dunia. Dengan perincian sbb :

1. Bahasa cina, jumlah penutur 1miliar orang
2. Bahasa Inggris, jumlah penutur 35o Juta orang
3. Bahasa Spanyol, Jumlah penutur 250 juta orang.
4. Bahasa Hindi, jumlah penutur 200 jt orang
5. Bahasa Arab, jumlah penutur 150 jt orang
6. Bahasa benggali, jmlah penutur 150 jt orang
7. Bahasa rusia, jumlah penutru 150 jt orang
8. Bahasa portugis, jumlah penutur 135 juta orang
9. Bahasa Jepang, Jumlah penutur 120 juta orang
10. Bahasa Jerman, Jumlah penutur 100 juta orang
11. Bahasa Prancis, jumlah penutur 70 juta orang
12. Bahasa Punjabi, jumlah penutur 70 juta orang
13. Bahasa Jawa, jumlah penutur 65 juta orang
14. Bahasa Bihari, Jumlah penutur 65 juta orang
15. Bahasa Italia, jumlah penutur 60 juta orang
16. Bahasa Korea, jmlah penutur 60 juta orang
17. Bahasa Telugu, jumlah penutur 55 juta orang
18. Bahasa Tamil, jumlah penutur 55 juta orang
19. Bahasa Marathi, jumlah penutur 50 juta orang
20. Bahasa Vietnam, jumlah penutur 50 juta orang.

Pertanyaan yang muncul dengan keanekaragaman bahasa di dunia ini adalah darimanakah asal-usul bahasa yang sangat banyak itu? Apakah bahasa tidak memiliki hubungan satu sama lainnya, tumbuh dan berkembang sendiri-sendiri dan terpisah? Atau adakah hubungan diantara bahasa-bahasa di dunia ini, berasal dari satu baasa berkembang menjadi ribuan bahasa? Ada satu fakta yang tidak terbantahkan, yaitu adanya kemiripan kata-kata tertentupada berbagai bahasa di dunia.

Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia
Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia 


Bahasa indonesia adalah bahasa Negara indonesia, bahasa toloi terdapat di papua, bahasa Paanese di Vanuatu. Bahasa Fiji di lautan pasifik dan multamia RMT Kauder dalam buku pesona bahasa, langkah awal memahami lingusitik (2005). Bila kita perhatikan dengan seksama, meskipun tidak sama, tetapi kita merasakan adanya kemiripan kata dan makna pada kelima bahasa di atas. Apa yang menyebabkan kemiripan kata dan makan dalam bahasa itu?

Lucy Ruth Montolalu, Muhadijir dan Multamia RMT Kauder dalam buku mereka menjawab dan mengatakan “Tidak ada kemungkinan untuk meminjam kata karena jarak antaradaerah yang berajauhan. Kontak satu sama lain pun tidak ada buktinya.”

Untuk menjelaskan asal-usul bahasa di dunia, para linguis pada umumnya berteori bahwa pada awalnya di dunia ini hanya ada satu bahasa saja. Seiring tumbuh kembangnya, manusia berpisah menjadi beberapa kelompok kecil yang menjadi besar kemudian terpisah menjadi beberapa klompok dan seterusnya. Setiap kelompok yang terpisah itu kemudian mengembangkn bahasanya menurut situasi dan karakterisitik geografis, ekonomi dan teknologi, sehingga lama-kelamaan munculah bahasa yang unik dan berbeda dengan bahasa asalnya. Akhirnya dari 1 bahasa timbullah ribuan bahasa di dunia.

Demikianlah Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia. Semoga bermanfaat.


Tag : Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia , Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia , Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia ,Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia , Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia , Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia , Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia , Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia , Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia , Artikel Tentang Asal-Usul Bahasa Di Dunia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    4 minggu yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...