https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci

Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci – Hai sahabat, artikel kali ini akan membahas kegunaan bahasa yang dijelaskan secara terperinci. Yuk, langsung dibahas.

Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci
Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci


Masih ingatkah kalian pengertian bahasa? Bahasa ialah sistem tanda bunyi yang disepakati untuk dipergunakan oleh para anggota kelompok masyarakat tertentu dalam bekerjasama, berkomunikasi dan mengidentifikasi diri. Bahasa ialah sistem tanda bunyi yang digunakan pemakainya untuk berkomunikasi dan untuk berbagai keperluan lainnya. Menurut Harimurti Kridalaksana dan Hermina Sutami dalam buku Pesona Bahasa, Langkah Awal memahami Linguistik (2005), pengertian bahasa di atas menunjuk kepada bahasa lisan, sistem tanda bunyi mengarah kepada bahasa lisan.

Menurut Harimurti Kridalaksana dan Herimina Sutami dalam bukunya yang sama ada dua wujud bahasa, yaitu bahasa tulis dan bahasa lisan. Unsur utama bahasa tulis adalah tulisan, sedangkan unsure utama bahasa lisan adalah bunyi (ujaran). Kedua wujud bahasa itu bersifat saling melengkapi, kehadiran bahasa tulis didsarkan akan kebutuhn manusia untuk mengingat peristiwa penting dalam jangka panjang. Daya ingat manusia terbatas, manusia merekam peristiwa penting dalam bahasa tulis, sehingga dapat mengingatnya dalam waktu yang sangat lama selama tulisan itu ada.

Kemampuan berbahasa yang pertama kali dikuasai manusia adalah kemampuan berbahasa lisan. Sebelum seorang manusia mengenal dan memasuki sekolah, ia telah dapat menggunakan bahasa lisan. Seorang anak yang belum sekolah berkomunikasi dengan mudah bisa menggunakan bahasa lisan pada siapapun. Bahkan sampai akhir hayatnya manusia tetap menggunakan bahasa lisan dalam kehidupannya. Bahkan peradaban manusia dimulai dengan bahasa tulisan, dan sampai sekarang masih banyak masyarakat bahasa yang mengandalkan bahsa lisan dalam mengembangkan dan mewariskan kebudayaanya. Bila dibandingkan, manusia dalam hidupnya lebih banyak menggunakan bahasa lisan daripada bahasa tulisan. Sangatlah tepat pendapat Harimurti Kridalaksana dan Hermina Sutami dalam bukunya yang mengatakan “Bahasa Lisan merupakan hal utama dan mendasar yang dimiliki manusia.”

Bagaimanakah gambaran kebudayaan bahasa manusia dalam menggunakan bahasa lisa? Gambaran itu dapat diperoleh dengan memahami beberapa konsep yang penting dan timbul dari penggunan bahasa lisa. Dari zaman purba hingga zaman sekarang, hakekat manusia sebagia makhluk sosial diantaranya diwujudkan dengan cara mencari teman. Manusia mencari teman, manusia bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Proses perjalanan itu, kemungkinan besar ia bertemu dengan orang dari masyarakat bahasa yang lain. Singkatnya orang itu bertemu dengan orang lain yang berbeda bahasa dengannya. Pada keadaan ini terjadilah sentuh bahasa.

1. Sentuh bahasa
F.X. Rahyono dalam buku pesona Bahasa, Langkah awal memahami Lingusiteik (2005), menggambarkan sentuh basa sebagai beriku : “Di dunia ini banyak terdapat masyarakat bahsaa yang berbeda bertemu,hidup bersama-sama, dan berpengaruh terhadap masyarakat bahasa lain. Keadan semacam ini menimbulkan apa yang disebut sentuh bahasa tau kontak bahasa. Ciri yang menonjol dari sentuh bahasa ini adalah terdapatnya kedwibahasaan (bilingualism).Pada masyarakat Indonesia sangat sering serikali terjadi sentuh bahasa. Setiap waktu terjadi pertemuan dari manusia yang berasal dari masyarakat bahasa yang berbeda. Orang indonesia dari berbagai suku bangsa hidup berdampingan secara damai di berbagai daerah Indonesia. Tidak terelakkan terjadinya sentuh bahasa dari masyarakat bahasa yang berlainan. Hal ini sudah berlangsung sejak zaman dahulu kala. Hasilnya banyak orang indonesia yang menguasai bahsa indonesia dan bahasa daerahnya. Bahasa indonesia digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang berasal dari masyarakat bahasa lain dan bahasa daerah digunakan sesama orang yang berasal dari masyarakat bahasa yang bersangkutan.

Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci
Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci


2. Kedwibahasaan
Apakah yang dimaksud dengan Kedwibawaan? B. Suhardi dan B. Conelius Sembiring dalam buku Pesona Bahasa, Langkah Aawal memahami Linguistik (2005), mengutip beberapa pendapat tokoh sebagai berikut:
a. Leonard Bloomfield (1933) mengartikan Kedwibahasaan sebagai “Penguasaan (seseorang) yang sama baiknya atas dua bahasa.”
b. Uriel Weinreich (1968)mendefinisikan kedwibahasaan sebagai “Pemakain dua bahsa (oleh seseorang) secara bergantian.”
c. “Einar Haugen (1966) mengartikan kedwibahasaan sebagai ‘Kemampuan (seseorang) menghasilkan tututan yang lengkap dan bermkana dalam bahasa lain.’
Sangat sulit menemukan defisnisi yang tepat dan lengkap terhadap kedwibahasaan, tetapi dari beberapa definisi di atas, ada satu tolak ukur yang dikandungnya, yaitu kemampuan seseorang menghasilkan tuturan dalam bahsa lain di luar bahasa ibunya.

Bahas aibu adalah basa pertamay ang dikuasai seseorang. Pada umumnya bahasa ibu orang indonesia adalah bahsa daerahnya. Bahsa ibu suku bangsa maksassar adalah basa maksaasar dan sebagainya. Bahasa kedua adalah bahasa lain di dluar bahsa ibu yang dikuasai seseroang. Menurut B. Suhardi dan B. Conelius Sembiring dalam buku Pesona Bahasa, Langkah awal memahami Linguistik (2005), 
penguasaan seseroang terhadap bahasa ekdua sangat tergantung pada sering tidaknya dia menggunakan bahasa kedua itu. Penguasaan atas bahasa kedua itu sedikit banyak akan berpengaruh pada dirinya saat bicara. Kelancarannya bertutur dalam tiap-tiap bahasa menentukan kesiapan untuk memakna bahasa-bahasa yang dikuasainya secara bergantian.

3. Lingua Franca

Pasti kalian sering bertemu dengan orang yang berasal dari satu suku? Bahasa apa yang kalian gunakan ketika bertutur (berkomunikas). Pada umumnya saat orang indonseia bertemu dengan orang yang sedaerahnya, mereka menggunakan bahsa ibu mreeka, yaitu bahasa daerahnya. Cobalah perhatikan orang lain atau orang tuamu, bajasa apa yang mereka gunakan saat bertemu dengan orang sedarahnya atau satu sukunya?

Bahasa indonesia dipakai sebagai bahasa titik temu kedua belah pihak yang memiliki bahasa ibu yang berbeda dan keduanya tidak dapat berkomunikasi menggunakan satupun diantara bahasa ibu mereka. Saat situasi dan kondisi demikian, bahasa titik temu itu disebut dengan bahasa lIngua Fanca. Bagi masyarakat indonesia, bahasa Lingua franca adalah bahsa indonesia.

4. Pijin (Pidgin)

Menurut B. Suhardi dan B. Conelius Sembiring dalam buku pesona Bhasa, langkah awal memahami linguistic (2005) pijin mereupakan ragam bahasa yang tidak memiliki penutur asli. Munculnya bahasa pijin bermula dari bertemunya dua pihak yang ingin berkomunikasi satu sama lain, tetapi sangat berbeda bahasanya. Mereka tidak menggunakan bahasa ketiga sebagai bahasa perantara, tetapi mereka menggabungkan bahsa mereka menjadi bahasa sendiri yang disebut pijin.

Pijin pada umumnya digunakan sebagai alat komunikasi antara imigran dan orang-orang lokal atau pendudk asli.

5. Kreol

Seiring dengan perubahan waktu, pijin juga mengalami perubahan menjadi kreol. Pijin yang digunakan oleh generasi pertama kemudian diwariskan kepada generasi berikutnya. Bagi generasi kedua dan setrusnya, pijin berubah kedudukan menjadi bahasa ibu. Pijin yang berubah menjadi bahsa ibu disebut dengan kreol.


Demikianlah Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci. Semoga bermanfaat.


Tag : Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci, Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci, Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci, Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci, Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci, Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci, Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci, Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci, Artikel Lengkap Tentang Kegunaan Bahasa Yang Dijelaskan Secara Terperinci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    4 minggu yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...