https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa


Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa – Hai sahabat, artikel kali ini akan membahas tentang Penjelasan Dialek membentuk Basaha. Yuk, langsung dibaca :

Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa
Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa 


Kalian mempelajari bahasa dan dialek yang menghasilkan suatu kesimpulan yang ada hubungan yang sangat erat antara bahasa dan dialek. Soalnya adalah bagaimanakah hubungan antra bahasa dengan dialek? Jawaban kedua adalah dialek membentuk bahasa. Bagaimaan hal itu bisa terjadi? Dialek ialah seperangkat bentuk ujarang setempat yang berbeda-beda, yang memiliki ciri-ciri umum dan masing-masinglebih sesamanya dibandingkan dengan ujaran lain dri bahasa yang sama.

Dengan meminjam kata-kata Claude Fauchet, dialek ialah mots de leur Terroir yang berarti dialek adalah kata-kata di atas tanahnya (Chaurand, 1972 : 149) yang di dalam perkembangannya kemudia menunjuk kepada suatu bahasa daerah yang layak dipergunakan dalam karya sastra daerah yang bersangkutan. Di dalam perkembangannya tersebut, kemudia salah satu dialek yang kedudukannya sederajat itu sedikit demi sedikit diterima sebagai bahasa baku oleh seluruh darah pakai dialek-dialek itu. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor subyektif maupun obyektif. Faktor-faktor yang menentukan suatu dialek menjadi bahasa baku ialah politik, kebudayaan dan ekonomi (Meillet, 1967: 72). Demikian caranya dialek membentuk bahasa baku yang bersifat universal pada tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

Selain adanya beberapa faktor di atas, munculnya bahasa baku juga bisa dipicu oleh adanya kebutuhan dari beberapa kelompok masyarakat yang saling terpisah, untuk bisa berhubungan satu sama lain. Dengan demikian, dari sudut pandang ini yang dinamakan bahasa baku (standar) adalah bahasa atau dialek yang dipilih oleh anggota masyarakat untuk saling berkomunikasi. Dipilihnya suatu dialek menjadi bahasa baku (standar) bisa juga karena bahasa atau dialek tersebut dianggap paling betul (baik) oleh masyarakat yang akan memakainya. Bentuk serta pemakaian bahasa baku ini selanjutnya akan menjadi model percontohan bagi seluruh rakyat. Kemudian di dalam praktinya, seseorang yang akan berbahasa di sampig akan menyesuaikan diri dengan orang yang akan diajak bicara (misalnya pakai bahasa atau dialek apa), maka seorang penutur bahasa tersebut akan mencoba menyesuaikan diri dengan bentuk, serta pemakaian bahasa yang telah dipakai secara luas di dalam masyaraakt. Dengan demikian, praktik penggunaan bahasa tarik-menarik antara bahasa standar (bahasa baku/bahasa nasional) dengan bahasa yang digunakan secara akrab (yakni bahasa lokal/dialek bahasa yang biasanya bersifat kelokalan/kedarerahan) akan berlangsung terus-menerus. Demikianlah cara dialek berubah menjadi bahasa yang bersifat universal baik pada tingkat regional, nasional maupun internasional.

Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa
Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa 


Sebelum bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional, pada awalnya bahasa indonesia berasal dari bahasa melayu merupakan salah satu bahasa daerah dialek daerah khusus. Atas kesepakatan bersama dengan berbagai alasan. Seperti lebih familiar bagi sebagian besar masyarakat indonesia dan daerah penyebarannya lebih luas dibanding bahasa etnik lainnya, maka dipilih dan disepakatilah bahasa melayu menjadi bahasa baku (standar) nasional yang kemudia dikenal dengan bahasa indonesia Perkembangan selanjutnya menunjukkan Indonesia sekarang tidak dapat lagi disamakan dengan bahasa Melayu, karena bahasa Indonesia menyerap berbagai bahasa daerah dan bahasa sing lainnya dan mengangkatnya menjadi bahasa baku. Demikianlah cara dialek menjadi bahasa baku (standar).

Demikianlah Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa . Semoga bermanfaat.


Tag : Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa , Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa , Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa , Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa , Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa , Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa , Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa , Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa , Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa , Artikel Tentang Penjelasan Dialek Membentuk Bahasa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    4 minggu yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...