https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Tentang Faktor Penghambat Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Artikel Tentang Faktor Penghambat Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Faktor penghambat perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi. Langsung dibaca yuk :

Artikel Tentang Faktor Penghambat Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
Artikel Tentang Faktor Penghambat Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi


Pada saat sekarang, perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat. Hal itu tidak terlepas dari proses perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebelumnya. Perkembangan tersebut terjadi karena manusia dengan kemampuan akal yang dimiliknya berupaya untuk mengembangkan, menemukan dan mengadakan penelitian-penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya-upaya tersebut didsari oleh adanya keinginan manusia untuk dapat memenuhi segala kebutuhan atau keinginan di segala bidang.

Adapun faktor-faktor yang menghambat proses pewarisan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai berikut :

1. Hambatan budaya yang berkaitan dengan perbedaan persepsi dan sudut pandang
Salah satu hal yang mempercepat proses alih teknologi adalah melalui pendidikan. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan bukanlah hal yang mudah, meskipun hasil pendidikan dapat dirasakan langsung. Adanya pemahaman yang salah bahwa pendidikan hanya untuk golongan tertentu merupakan hambatan serius dalam membangkitkkan semangat belajar pada masyarakat. Usaha aktivis perempuan untuk menuntut kesetaraan gender dalam berbagai bidang merupakan salah satu upaya untuk memberantas hambatan budaya yang berkaitan dengan hidup dan sitem kepercayaan yang menyimpang terhadap hak-hak perempuan. Masyarakat tradisional jawa, misalnya masih memiliki pandangan yang kuat bahwa kaum perempuan tidak perlu menuntut ilmu terlalu tinggi agar tidak melawan kodratnya sebagai perempuan.

2. Sikap tradisional yang berprasangka buruk terhadap hal-hal baru
Pengalaman pahit masa penjajahan selama ratusan tahun di bawah belenggu bangsa asing telah menimbulkan trauma di kalangan masyarakat tradisional. Mereka cenderung antipasti terhadap hal-hal baru yang berbau asing. Menurut pandangan masyarakat tradisional, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dari Negara asing merupakan bentuk penjajahan baru, maka harus dihindari. Sikap berprasangka buruk terhadap hal-hal yang baru/asing ini sangat mnenghambat proses alih teknologi. Kenyataanya, bangsa kita masih tertinggal jauh dengan bangsa asing dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. Sikap  Entosentrisme
Sikap ini juga merupakan salah satu Faktor Penghambat Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Sikap etnosentrisme adalah sikap mengagung-agungkan kebudayaan sendiri dan menganggap rendah kebudayaan lain. Sikap ini selain menunjukkan kesombongan diri sekaligus merugikan diri sendiri. Sejarah membuktikan bahwa sifat tertutup bangsa cinda dan jepang di masa lamapu telah mengakibatkan ketertinggalan mereka dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju. Kesadaran yang tepat dalam menanggapi kelemahan diri membuat Cina dan jepang membuka diri dan akhirnya mampu mengejar ketinggalan dengan Negara lain. Bahkan kini jepang berhasil muncul sebagai salah satu Negara maju di dunia. Bangga terhadap kebudayaan bangsa memang wajib dimiliki oleh setiap komponen bangsa, namun jangalah kebanggaan tersebut malah menjadi boomerang yang menyebabkan keterpurukan bangsa akibat ketertinggalan dengan bangsa lain. Menyadari bahwa setiap kebudayaan memiliki kelemahan dan kelebihan merupakan sikap yang bijak dalam mennanggapi berbagai pengaruh kebudayaan asing. Hal-hal positif harus kita serap dan kita kuasai, sedangkan hal-hal yang negative perlu dihindari.

Artikel Tentang Faktor Penghambat Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
Artikel Tentang Faktor Penghambat Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi


4. Rendahnya etos kerja
Rendahnya etos kerja seseorang ditandai dengan sikap mental yang menghambat proses perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, antara lain:

a. Sikap pasrah terhadap nasib
Adakalanya sikap pasrah memang diperlukan untuk mengurangi tekanan jiwa dalam menghadapi suatu permasalahan yang rumit dan datang bertubi-tubi. Namun jika sikap pasrah menjadi suatu karakter, maka menyebabkan orang akan enggan bekerja keras. Padahal tantangan globalisasi menghendaki setiap orang mampu bersaing secara sehat dan ini diperlukan usaha kerja keras. Sikap pasrah akan menyebabkan manusia cepat merasa puas dengan apa yang dimiliki. Sikap pasrah sering identik dengan sikap malas. Jika hal ini menjangkiti setiap orang maka tidak mengherankan jika dalam era perdagangan bebas akan menjadi budak orang asing di negeri sendiri.

b. Sikap kurang disiplin
Budaya tidak tepat waktu atau jam karet merupakan salah satu indikator ketidakdisiplinan seseorang dalam menghargai waktu. Sikap tidak disiplin dalam penerapannya merembet bukan hanya masalah ketidaktepatan waktu, melainkan juga ketidaktekunan dalam mempelajari sesuatu hal serta ketidakmampuan menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Kebiasaan remaja menghabiskan waktu di tepan televise atau bermain merupakan salah satu contoh ketidakmampuan remaja memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang produktif misalnya untuk belajar. Terbatasnya waktu belajar yang banyak tersita dengan kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya rekreatif menunjukkan ketidak tekunan seseorang dalam belajar. Dalam belajar diperlukan waktu pembiasaan atau pelatihan unuk mencapai suatu keberhasilan.

c. Ketidakmandirian
Naluri manusia sebagai makhluk sosial secara ekstrim menumbuhkan sikap ketergantungan yang tinggi pada orang lain sehingga menumbuhkan sikap tidak mandiri. Ketergantungan suatu Negara terhadap Negara lain merupakan dampak ketidakmandirian penduduk di suatu Negara. Salah satu upaya untuk membentuk kemandirian masyarakat suatu bangsa adalah dengan ahli teknologi, berusaha menguasai teknologi dari Negara maju, sehingga sejajar dengan Negara maju.

Demikianlah Artkel Tentang Faktor Penghambat Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel sebelumnya : Artikel Tentang Pewarisan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    1 minggu yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...