https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Tentang Penjelasan Pertumbuhan Primer dan Pertumbuhan Skunder

Artikel Tentang Penjelasan Pertumbuhan Primer dan Pertumbuhan Skunder – Hai sahabat, artikel biologi kali ini akan membahas tentang Penjelasan pertumbuhan primer dan pertumbuhan skunder. Yuk, langsung dibahas.

Artikel Tentang Penjelasan Pertumbuhan Primer dan Pertumbuhan Skunder
Artikel Tentang Penjelasan Pertumbuhan Primer dan Pertumbuhan Skunder


Jika Anda mengecambahkan biji, misalnya biji kacang tanah. Pertumbuhan yang menyebabkan kecambah biji kacang merah dapat memanjang adalah pertumbuhan primer. Pertumbuhan primer memungkinkan akar menembus tanah dan ujung batang mencapai cahaya matahari. Akhirnya, bakal akar dan bakal batang tersebut akan membentuk sistem akar dan sistem tajuk.

Saat biji berkecambah, bakar akar yang terbentuk disebut radikula. Pada kebanyakan tumbuhan dikotil, akar primer yang terbentuk dari radikula dapat berkembang membentuk akar tunggang.
Pada tumbuhan Monokotil, seperti tumbuhan jagung, akar primer akan berkembang menjadi banyak akar dengan ukuran yang sama, jenis ini disebut akar serabut.

Pada ujung akar terdapat beberapa daerah pertumbuhan primer akar. Daerah tersebut, yaitu darah pembelaha sel, daerah pemanjangan, dan daerah pematangan.

Daerah pembelahan sel meliputi mesitem apikal dan sel-sel yang terbentuk dari meristem apikal. Sel-sel akar baru terbnetuk di daerah ini, teramsuk sel tudung akar. Sel meristem pada daerah ini membelah diri setiap 12-36 jam. Pada beberapa tumbuhan, pembelahan meristem ini menghasilkan hampir 20.000 sel baru setiap hari.

Pada daerah pemanjangan, sel-sel akar memanjang bahkan hingga sepuluh kali dari panjang awal sel. Pemanjangan sel inilah penyebab utama memanjangnya akar lebih jauh ke dalam tanah. Sel-sel ini memanjang dan tidak melebar ke segala arah dikarenakan adanya serat selulosa yang membungkus sel-sel tersebut pada dinding selnya.

Sel-sel pada daerah pemanjangan mendorong tudung akar dan meristem apikal sel menembus tanah. Daerah pemanjangan menghasilkan rata-rata pemanjangan akar hingga 4 cm perhari. Sel-sel di belakang daerah pemanjangan tidak memanjang.

Pada batang, pertumbuhan prmer terjadi di ujung pucuk. Meristem apikal apda pucuk ini terlihat sebagai kumpulan sel yang merisetem apikal pucuk. Hasil pemanjangan mendorong merrsitem apikal ke atas. Ketika meristem apikal terus medorong ke atas, beberapa sel hasil pembelahan tetap di bawah dan menjadi meristem tunas ketiak daun.

Artikel Tentang Penjelasan Pertumbuhan Primer dan Pertumbuhan Skunder
Artikel Tentang Penjelasan Pertumbuhan Primer dan Pertumbuhan Skunder


2. Pertumbuhan Skunder

Pada tumbuhan berkayu atau tumbuhan dikotil, pertumbuhannya tidak hanya memanjang, tetapi ukuran diameter akan dan batangnya juga terus membesar. Membesarnya diameter batang dan akar ini disebut pertumbuhan skunder.

Pertumbuhan skunder disebabkan oleh aktivitas meristem lateral. Meristem lateral ini berupa cambium dan cambium gabus.

Proses pertumbuhan skunder dimulai dari aktivitas cambium pembuluh. Kambium ini membentuk pembuluh xylem primer ke arah dalam dan membentuk floem primer kea rah luar. Pada saat tersebut, pertumbuhan batang tidak jauh berbeda dengan pertumbuhan batang pada pertumbuhan primer. Selanjutnya, pertumbuhan Skunder menambah lapisan pembuluh xylem skunder dan floem skunder. Dengan demikian, cambium pembuluh menambah ukuran diameter akar dan batang.

Aktivitas cambium pembuluh yang memperbesar diameter batang tidak dapat diimbangi oleh aktivitas epidermis (kulit) dan korteks bagian luar. Akibatnya, dibentuk lapisan gabus yang menggantikan fungsi epidermis. Lapisan gabus dewasa merupakan sel mati dan memiliki dinding tebal yang berlilin. Lapisan ini melindungi jaringan batang di bawahnya dari penguapan, kerusakan fisik, dan pathogen. Lapisan gabus diproduksi oleh jaringan cambium gabus dari sel parenkim di korteks. Pada beberapa eprmukaan batang terdapat lentisel karena lapisan gabus tidak memungkinkan terjdinya pertukaran gas.


Demikianlah Artikel Tentang Penjelasan Pertumbuhan Primer dan Pertumbuhan Skunder. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel sebelumnya : Artikel Penjelasan Lengkap Tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Dalam Biologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...