https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional

Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional  - Hai sahabat, artikel kali ini kita akan membahas tentang Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional. Yuk, langsung dibaca:

Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional
Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional


- Faktor Pendorong Integrasi Nasional

Menurut R. William Liddle, consensus nasioanla yang mengintegrasikan masyarakat yang pluralistic pada hakekatnya adalah mempunyai dua tingkatan sebagai prasyarat bagi tumbhnya suatu integrasi nasional yang tangguh. Pertama sebagaian besar anggota suku bangsa bersepakat tentang batas-batas territorial dari Negara sebagai suatu kehidupan politik mereka sebagai warganya. Kedua, apabila sebagian besar anggota masyarakatnya bersepakat mengenai struktur pemerintahan dan aturan-aturan dari proses politik yang berlaku bagi seluruh masyarakat di atas wilayah Negara yang bersangkutan.
Nasikun menambahkan bahwa integrasi nasional yang kuat dan tangguh hanya akan berkembang di atas consensus nasional mengenai batas-batas uatu masyarakat politik dan sistem politik yang berlaku di masyarakat tersebut. Kemudia, suatu consensus nasional mengenai bagaimana suatu kehidupan bersama sebagai bangsa harus diwujudkan atau diselengarakan, melalui suatu consensus nasional mengenai “Sistem nilai” yang akan mendasari hubungan-hubungan sosial diantara anggota masyarakat atau suatu Negara. Adapun upaya yang telah dilakukan adalah :

1. Melakukan pengorbana sebagai langkah penyesuaian antara banyak perbedaan, perasaan, keinginan dan ukuran penilaian.
2. Mengembangkan sikap toleransi di dalam kelompok sosial.
3. Terciptanya kesadaran dan kesediaan untuk mencapai suatu consensus.
4. Mengidentifikasi akar persamaan diantara kultur-kultur etnis yang ada.
5. Kemampuan segenap kelompok yang ada untuk berperan secara bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.
6.mengakomodasi timbulnya etnis
7. Upaya yang kuat dalam melawan prasangka dan diskriminasi
8. Menghilangkan pengkota-kotakan kebudayaan.

- Faktor Penghambat Integrasi Nasional

Strukutr Masyarakat Indonesia ditandai oleh heterogenitas etnik dan bersifat unik. Secara horizontal ditandai oleh kenyataan adanya kesatuan-kesatuan sosial berdasarkan perbedaan suku bangsa, agama, adat-istiadat, dan primordialisme. Secara vertikal, strukutr masyarakat Indonesia ditandai oleh adanya lapisan atas dan lapisan bawah. Sejarah telah membuktikan bahwa sejak kemerdekaan pada tangal 17 Agustus 1945, NKRI selalu dirongrong oleh gerakan separatism. Misalnya gerakan separatis DI/TII Kartosuwiryo di Jawa Barat, Pemesta Kahar Muzakar di Sumatera, APRA, PKI, DI/TII Daud Barureh di Aceh, dan RMS di Maluku yang menyisakan banyak penderitaan dan korban. Pasa saat sekarang gerakan separatis masih terus berlangsung seperti GAM (Gerakan Aceh Merdeka) dan OPM (Organisasi Papua merdeka). Dengan GAM, Pemerintah Indonesia telah melakukan serangkaian perjanjian perdamaian salah satunya memberikan otonomi khusus dan pemberlakukan syariat islam dalam bidang kehidupan terutama bidang hukum.

Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional
Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional


Menurut Cliffrod Gertz, apabila bangsa Indonesia tidak pandai-pandai memanajemen keanekaragama etnik,budaya, dan solidaritas etnik,maka indonesia akan pecah menjadi Negara Negara kecil.bilatidak puas ekonomi,kelas,atau intektual  menjurus pada repolusi yang  mendorong  pergantian tatanan ekonomi dan politik Negara bangsa.bila ketidak puasan yang didasarkan ikatan primordial menjurus pada disintengrasi bangsa.perpecahan dalam masyarakat majemuk korbannya bukan indipidu,klompok,atau kelas tertentu,tapi Negara bangsa itu sendiri  yang akan tercerai berai.hal ini ditapakan dengan pandangan yang menimbulkan watak etnosentrisme dan primordialisme sempit.etnosentrisme adalah suatu pandangan yang melekat pada diri seseorang(masyarakat)yang menilai kebudayaan kebudayaan lain,selalu diukur dengan nilai kebudayaan nya.primordialisme aalah pemikiran yang mengutamakan atau menepatkan pada tempat yang kepentiang suatu klompok atau komonitas masya rakat.

Pemupukan sipat seperti ini yang tampa batas,pada akhirnya akan melahirkan  gerakan gerakan separatism.gerakan –gerakan separatism dapat kalian lihat dari perlawanan fretilein timor-timor.sejak mereka bergabung dengan NkRI tahun 1976,yang akhirnya berhasil membentuk Negara sendiri(timor laste)tahun 1998.sentimen primordial kesukuan ini di hidupkan menjadi basis utama artikulasi kepentingan secara politik,karenatersumbatnya komunikasi politik melalaui saluran yang ada sehingga gerakan ini mengartikulasikan kepentingan politik dengan berbagai cara.selain itu,terjadinya etnopolitic conflict dalam dua dimensi,yaitu dimensi pertama adalah konplik didalam tingkatan idiologis.konplik ini terwujud dalam bentuk konflik antar sistem nilai yang dianut oleh etnik pendundukungnya serta menjadi idiologi dari kesatuan sosial.dimensi kedua adalah konplok yang terjadi dalam tingkatan politis, pada konplik ini terjadi dalam bentuk pertentangan dalam pembagian status kekuasaan, dan sumber ekonomi yang terbatas dalam  masyarakat.

Demikianlah Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional  . Semoga bermanfaat.


Tag : Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional, Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional, Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional, Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional, Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional, Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional, Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional, Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional, Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Faktor Penghambat Integrasi Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    4 minggu yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...