https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional

Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Integrasi Nasional dan Penjelasan Integrasi Nasional. Yuk, langsung dibahas:

Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional
Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional 


Masalah Integrasi dan spratisme dalam Negara kesatuan yang multietnik dan struktur masyarakatnya majemuk, seperti “Serigala berbulu domba” atau penuh Ambivalensi (ambigu). Menurut Devid Lockwood, consensus dan konflik merupakan dua sisi dari suatu kenyataan yang sama dan dua gejala yang melekat secara bersama-sama di dalam masyarakat. Seperti halnya dengan konflik yang dapat terjadi antarinvididu, individu dengan kelompok dan antarkelompok. Demikian pula halya dengan consensus,Konsensus  dapat pula terjadi antarinvidiu, individu dengan kelompok dan antarkelompok. Konsensus atau yang sering dikatakan sebagai kesepakatan bersama dapat tercapai apabila sebelmnya telah terbentuk toleransi. Toleransi berarti membiarkan orang lain atua kelompok lain bersikap dan berbuat sesuai dengan aturan atau keinginan pihak tersebut.

Menurut Max Weber bahwa sistem nilai merupakan dasar pengesahan dari struktur kekuasaan suatu masyarakat, maka consensus nasional mengenai bagaimaan suatu kehidupan besama sebagai bangsa harus diwujudkan. Pada akhirnya akan merubah konsensu nasional terhadap suatu rezim tertentu yang sedang berkuasa. Dalam konteks Indonesia, maka proses integrasi Nasional haruslah berjalan alamiah, sesuai dengan keanekaragaman budayanyan yang harus lepas dari hegemoni dan dominasi peran politik etnik tertentu.

Integrasi merupakan terjemahan dari Ingeration yang berarti keseluruhan dan kesempurnaan. Integrasi berabrti juga proses pembaharuan hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat. Integrasi diri merupakan wujud dari diri seseorang yang utuh, bulat dan seimbang serta jujur dan dapat dipercaya. Maurice Duverger memberikan definisi sebagai berikut, integrasi adalah dibangunnya interdependensi yang lebih rapat antara bagian-bagian dari organism hidup atau antara suatu proses pengembangan masyarakat dimana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan serta bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.

Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional
Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional 


Dalam kehidupan bersama manusia integrasi selalu menjadi dambaan dan harpaan. Oleh karena itu, integrasi diuusahakan untuk tumbuh dan senantiasa dijaga kelangsungannya. Integrasi sosial adalah proses penyesuaian diantara unsure-unsur yang saling berbeda yang ada dalam kehidupan sosial. Sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi fungsinya bagi masyarakt yang bersangkutan. Meminjam istila JS Furnivall Bahwa Integrasi sosial yang melibatkan beberapa etnik sebenarnya harus dilakukan melalui paksaan (coercion) suatu klompok yang dominan terhadap kelompok lain yang tidak dominan. Kooptasi berbagai kekuatan politik lokal dilakukan untuk mematahkan berbagai tuntutan yang tidak searah yang dikehendaki oleh pemerintah pusat. Hal ini dilakukan oleh parta-partai politik maupu organisasi masyarakt lainnya. Integrasi sosial adalah proses yang tidak bisa dilakukan dan ditempuh dalam waktu yang singkat, tetapi memerlukan proses pembudayaan dan consensus sosial politik diantara suku bangsa (etnik) yang ada di dalam Negara kesatuan indonesia.

Menurut Lewis C. Coser dan George Simell, maka kerangka masyarakat yang akan kita dapatkan adlah integrasi yang selalu berada dalam bayang-bayang konflik antaretnik yang berkpanjangan. Kalau kita mengikuti pandangan penganut fungsional dari Auguste Comte, melalui Durkheim sampai dengan Parsons, maka yang akan menjadi faktor mengintegrasikan masyarakat Indonesia tentulah sebuah nilai umum tentang ksepakatan bersama antarmasyarakat. Nilai-nilai umum tertentu yang disepakai secara bersama itu tidak hanya disepakati oleh sebagian orang (etnik), akan tetapi lebih daripada itu nilai-nilai umum tersebut harus dihayati melalui proses sosialisasi, akulturasi, asimilasi, dan ekulturasi.

Sementara itu, proses integrasi nasional harus melalui fase-fase sosial dan politik. Menurut Ogburn dan Nimkof bahwa integrasi merupakan sebuah akomodasi-Kerjasama-Koordinasi-asimilasi. Asimilasi ini merupakan proses dua arah antaretnik yang berbeda sehingga diperoleh sebuah consensus dan ksepahaman atas dasar keanekaragaman budaya. Konsensus nasional mengenaik bagaimana kehidupan bangsa indonesia hrus diwujdukan atau diselenggarakan, dan sebagian harus kita temukan di dalam proses pertumbuhan pancasila sebagai dasar falsafah atau ideologi Negara.

Demikianlah Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional. Semoga bermanfaat.


Tag : Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional , Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional  Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional , Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional , Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional , Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional , Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional , Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional , Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional , Artikel Tentang Pengertian Integrasi Nasional Dan Penjelasan Integrasi Nasional 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    4 minggu yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...