https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Yang Membahas Tentang Penyebab Terjadinya Aglomerasi Industri


Artikel Yang Membahas Tentang Penyebab Terjadinya Aglomerasi Industri – Hai sahabat, artikel kali ini kita akan membahas tentang Penyebab Terjadinya Aglomerasi Industri. Yuk, langsung dibahas.

Artikel Yang Membahas Tentang Penyebab Terjadinya Aglomerasi Industri
Artikel Yang Membahas Tentang Penyebab Terjadinya Aglomerasi Industri


-  Penyebab terjadinya Aglomerasi Industri.

Dalam teori pusat pertumbuhan (Growth Centre) yang dikemukakan oleh Francois Perroux (1950) dan Boudeville (1972), aglomerasi merupakn satu instrument untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan memberikan tetesan ke bawah  pada daerah terbelakang. 

Berikut ini penyebab terjadinya aglomerasi industri :

a. Masalah Lingkungan
Dari segi pengelolan lingkungan aglomerasi industri akan lebih menguntungkan.

b. Kondisi lahan
Lahan merupakan faktor yang sangat penting bagi industri Atau bisa dikatakan lahan merupakan faktor utamanya. Kondisi lahan juga memengaruhi aglomerasi industri. Kemudahan dalam menjangkau setiap tempat di suatu lokasi tidak hanya dialami oleh tenaga kerja tetapi juga kendaraan sebagai alat transportasi. Jadi kondisi lahan memengaruhi pemusatan industri.

c. Letak yang strategis
letak yang strategis sangat memengaruhi aglomerasi. Contohnya, kawasan industri di pulau batam yang dikenal dengan Batamindo Industrial Park. Aglomerasi indusri di Batam muncul karena letaknya yang strategis.

d. Kelengkapan infrastruktur
Infrastruktur yang lengkap sangat mendkng bagi perkembangan industri. Pada lokasi industri yang memiliki infrastruktur atau prasarana lengkap akan cepat berkembang.

Demikianlah Artikel Yang Membahas Tentang Penyebab Terjadinya Aglomerasi Industri. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...