https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Tentang Kebudayaan Nasional Indonesia


Artikel Tentang Kebudayaan Nasional Indonesia – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Kebudayaan nasional Indonesia. Yuk, langsung dibaca:

Artikel Tentang Kebudayaan Nasional Indonesia
Artikel Tentang Kebudayaan Nasional Indonesia


Sejak Indonesia menjadi Negara merdeka pada tahun 1945, Cita-cita besar menjadi landasan dan semangat perjuangan dan mempunyai implikasi sosial dan kebudayaan yang sangat luas serta mendalam dalam kemajemukan dengan keanekaragaman kebudayaannya.  Kehidupan masyarakat Indonesia tersebar di Kepulauan Nusantara yang hidup dalam kelompok-kelompok perkampungan, kesukuan, kebahasaan, keagamaan, dan ras yang masing-masing berdiri sendiri. Dengan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, keanekaragaman tersebut meleburkan diri dan membenutk satu kelompok sosial yang lebih besar, yaitu masyarakat bangsa. Untuk mempersatukan masyarakat tersebut diperlukan adanya kesepakatan dan pengembangan suatu sistem ideologi yang mengikat seluruh rakyat Indonesia dalam bentuk cita-cita dan nilai budaya tertentu. Kesadaran itu dituangkan dalam UUD 1945, Pasal 32 yang berbunyib : “Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia.”

Beranekaragamnya masyarakat Indonesia yang terwujud dalam sejumlah suku bangsa yang merupakan masyarakat yang berdiri sendiri haruslah diperkokoh dalam satu pedoman yang bersifat nasional yaitu konsep kebudayaan nasional. Kebudayaan nasional adalah suatu kebudayaan yang mampu memberi makna bagi kehidpan berbangsa dan berkepribadian, yang dapat dibanggakan sebagai identitas nasional. Dengan kemajemukan dan latar belakang bduaya yang berbeda tersebut maka sangat sulit bagi pemerintah untuk mengembangkan kebudayaan nasional sehingga diperlukan sebuah landasan yang cukup kuat selain aturan dalam pasal 32 UUD 1945 yaitu melalui penjelasannya yang berbunyi :

“Kebudayaan bangsa ialah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia seluruhnya. Kebudayaan-kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagai puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh indonesia, terhitung sebagia kebudayaan bangsa. Usaha kebudayaan harus menuju kea rah kemajuan adab, budaya dan persatuan dengan tidak menolak bahan-bahan baru dari kebudayaan asing yang dapat mengembangkan atau memperkaya kebudayaan bangsa sendiri serta mempertinggi derajat kemanusiaan bangsa indonesia."

Artikel Tentang Kebudayaan Nasional Indonesia
Artikel Tentang Kebudayaan Nasional Indonesia


Oleh karena itu, sangat penting artinya bagi perkembangan masyarkat bangsa yang memerhatikan keberagaman kebudayaan nasional. Ada empat ketentuan arah dan tujuan pengembangan kebudayaan nasional indonesai.

1. Kebudayaan nasional merupakan perwujudan hasil upaya dan tanggapan aktif masyarakat Indonesia dalam proses adaptasi terhdap lingunkan dalam arti luas.
2. Kebudayaan nasional merupakan perpaduan puncak-puncak kebudayaan darah, sehingga mewujudkan konfigurasi budaya bangsa.
3. Pengembangan kebudayaan nasional itu harus menuju kea rah kemajuan adab yang dapat memperkok persatuan dan kesatuan bangsa.
4. Tidak menutup kemungkinan untuk menyerap unsure-unsur kebudayaan yang dapat mengembangkan dan memperkaya kebudayaan nasiona, serta mempertinggi kemanusiaan bangsa indonesia.

Dalam pengembangan kebudayaan tersebut tidak bisa dihindari bahwa penyerapan unsure kebudayaan asing mampu memberikanpercepatan dalam proses perkembangan kebudayaan yang bersangkutan. Oleh karena itu, cepat atau lambatntnya perkembangan suatu kebudayaan lebih banyak dipacu oleh kontak-kontak kebudayaan. Melalui kontak-kontak kebudayaan itulah akan terbawa serta pemikiran, pola-pola tingkah laku, serta teknologi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan serta minat masyarakat yang bersangkutan.

Demikianlah Artikel Tentang Kebudayaan Nasional Indonesia. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    4 minggu yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...