https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Pengertian Mobilitas Sosial Serta Status Sosial Dan Peran Sosial

Pengertian Mobilitas Sosial Serta Status Sosial Dan Peran Sosial – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian Mobilitas sosial serta status sosial dan Peran sosial. Yuk, langsung dibahas :

Pengertian Mobilitas Sosial Serta Status Sosial Dan Peran Sosial
Pengertian Mobilitas Sosial Serta Status Sosial Dan Peran Sosial 


1. Pengertian mobilitas sosial

Mobilitias sosial secara singkatnya disebut sebagai perubahan dalam sosial atau bergeraknya status sosial. Contohnya seseoraang yang sebelumnya hidup kekeurangna, namun karena rajin, tekun dan ulet, dia berhasil membangun usaha, maka terjadilah perubahan statusnya di masyarakat secara ekonomi.

2. Status Sosial dan Peran sosial

Mobilitas sosial berhubungan erat dengan peranan sosial. Status sosial dapat disamakan dengan kedudukan, peringkat atau posisi seseorang dalam masyarakat. Di dalam suatu status, terkandung sejumlah hak dan kewajiban. Misalnya seorang yang berstatus sebagai siswa, maka dia memiliki hak untuk mendapatkan ilmu dan sekaligus memiliki kewjiban untuk belajar dengan tekun. Status daam arti lebi h sempit, dapat berarti kekuasaan. Kekuasaan adalah suatu kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain agar mengikuti kehendak pemegan kekuasaan tersebut.

Status sosial, dapat diperoleh seseorang dengan berbagai cara, yaitu sbb :

a. Status yang diperoleh melalui kelahiran (ascribed status)

Ascribed status lebih banyak terdapat pada masyarakat yang mobilitas soialnya rendah dan memilliki struktur sosial tertutup. Di dalam masyarakat seperti itu, seseorang memperoleh status tertentu berdasarkan keturunan. Misal, gelar kedudukan sebagai bangsawan yang diperoleh anak seorang bangsawan.

b. Status yang diperoleh dari perjuangan atau usaha (achieved status)

Achieves status dapat dicapa siapa saja melalui suatu usaha.

c. Status sosial pemberian (assigned status)

Assigned status berkaitan erat dengan status yang diperoleh melaui usaha. Orang-orang yang berhasil melakukan sesuatu akan diberi status tertentu. Seseorang yang berjasa sering diberi gelar kehormatan.
Selain dapat dibedakan berdasarkan cara mendapatkannya, status juga dapat dibedakan dari sifatnya, yaitu terdiri atas status aktif, status pasif dan status laten. Ketiganya dapat terjadi apabila seseorang memiliki status lebih dari satu. Mialnya, seorang guru yang sekaligus menjabat sebagai ketua yayasan sosial.

Pengertian Mobilitas Sosial Serta Status Sosial Dan Peran Sosial
Pengertian Mobilitas Sosial Serta Status Sosial Dan Peran Sosial 


Setiap kelas dan kelompok sosial memiliki kultur tertnetu yang dikenal dari simbol-simbol yang menjadi ciri khasnya. Begitu pula stiap orang yang memiliki status sosial tertentu.

Status sosial berkaitan erat dengan peran sosial. Status sosial bersifat pasif, sedangkan peran sosial bersifat dinamis. Peran sosial adalah kegiatan seseorang dalam melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan statusnya di masyarakat. Semakin tinggi status yang dimiliki seseorang, semakin tinggi pula peran yang harus dijalankannya. Peran sosial merupakan aspek dinamis dari status sosial, misalnya anda sebagia indvidu yang mempunyai status sosial sebagai siswa.


Demikianlah Artikel tentang Pengertian Mobilitas Sosial Serta Status Sosial Dan Peran Sosial. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...