https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Tentang Pengaruh Budaya Asing Di Indonesia (Pengaruh Hindu)

Artikel Tentang Pengaruh Budaya Asing Di Indonesia (Pengaruh Hindu) – Hai sahabat, Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang Pengaruh Budaya Asing di Indonesia. Yuk, langsung dibaca:

Artikel Tentang Pengaruh Budaya Asing Di Indonesia (Pengaruh Hindu)
Artikel Tentang Pengaruh Budaya Asing Di Indonesia (Pengaruh Hindu) 


Coba kalian amati budaya yang berkembang di lingkungan sekitar kalian sekarang ini. Apakah budaya tersebut benar-benar asli dari daerah tempat tinggal kalian atua sudah bercampur dengan pengaruh budaya asing? Dalam benak kalian tentunya timbul pertanyaan, mengapa budaya asing yang berasal dari luar dapat berkembang di lingungan sekitar tempat tinggal kalian?

Ada fakta yang selalu membuat penasaran para Antrapolog, yaitu terdapat kemiripan atau persaman dari beberapa ciri kebudayaan dan berbagai masyarakat di seluruh dunia. Para Antropolog menemukan bahwa ada persamaan unsure-unsur kebudayaan masyarakat Indonesia dengan kebudayaan masyarakat lainnya di berbagai belahan dunia. Fakta Budaya ini melahirkan beberapa teori dalam antropologi.

Persoalan utama yang harus dijawab adalah bagaimanakan terjadinya persamaan unsure-unsur kebudayaan masyarakat indonesia dengan masyarakat lainnya di berbagai tempat dunia ini? Jawabannya dapat kita peroleh dengan mempelajari teori-teori difusi kebudayaan.

Menurut Dwi Wahyudiarto (2005;37) “Ilmu Paleontropologi memperikrakan bahwa makhluk manusia terjadi di suatu daerah tertentu di muka bumi, yaitu daerah Sabana Tropikal di Afrika Timur”. Dari daerah ini manusia menyebar ke seluruh muka bumi. Penyebaran manusia terjadi dalam waktu yang sangat lama akibat dari pertumbuhan penduduk, migrasi serta adaptasi fisik dan sosial budaya. Menurut Koentjaraningrat (1999:151-152) “Penyebaran dan migrasi kelompok-kelompok manusia diikuti oleh penyebaran berbagai unsure kebudayaan yang disebut dengan proses difusi.” Atas dasar teori ini, sekarang kita dapat memberi jawaban atas pertanyaan, “Apa penyeba terdapatnya kesamaan unsure-unsur kebudayaanpada berbagai masyarakat di dunia termasuk masyarakat Indonesia?” Jawabannya adalah persamaan unsure-unusr kebudayaan disebabkan adanya penyebaran kebudayaan dari suatu masyarakat ke masyarakat lainnya, adanya penyebaran kebudayaan dari masyarakat asing ke masyarakat indonesia, atau sebaliknya.

1. Pengaruh Budaya Hindu

Tanda-tanda tertua dari adanya pengaruh kebudayaan Hindu di indonesia ditemukan di Jawa barat dekat kota Jakarta sekarang, atau di pedalaman daerah sungai Cisadane dekat kota Bogor sekarang. Batu-batu bertulisan juga ditemukan di daerah Muara Kaman, Kutai, Pantai Kalimantan Timur. Dari bentuk dan gaya huruf tulisan pada batu disebut huruf Palawa, diperkirakan dibuat pada abad ke-4 Masehi.

Menurut para ahli sejarha Purbakala Indonesia, kerajaan-kerajaan yang disebut dlam tulisan-tulisan pada batu-batu tadi merupakan kerajaan-kerajaan Indonesia asli, yang hidup makmur berdasrkan perdagangan dengan Negara-negara di India selatan. Raja-rajanya mengadopsi konsep-konsep Hindu dengan cara mengundang ahli-ahli dan orang-orang pandai dari golongan Brahmana (Pendeta) di india selatan yang beranama Wisnu dan Brahma.

Artikel Tentang Pengaruh Budaya Asing Di Indonesia (Pengaruh Hindu)
Artikel Tentang Pengaruh Budaya Asing Di Indonesia (Pengaruh Hindu) 


Para aahli dan orang panda tadi diminta untuk memberi nasehat mengenai sruktur dan upacara-upacara kenegaraan menurut sistem Negara-negara di India selatan. Dengan demikian, pengaruh kebudayaan Hindu  beserta kesusasteraan Hindu masuk ke dalam kebudayaan Indonesia, tetapi hanya dalam lapisan-lapisan dan lingkungan masyarkat tlapisan dan lingkungan masyarakat istana.

Pada zamannya, kebudayaan Hindu mempunyai kekuatan dan pengaruh besar dan serupa dengan teknologi Barat pada zamans ekarang ini, merembet dan memengaruhi kehidupan hampir semua bangsa-bangsa di dunia. Kebudayaan intelektual dari agama Hindu sangat mempengaruhi dunia Asia Tenggara pada zaman dulu. Hal ini nampak pada konsepsi mengenai susunan Negara yang amat hierarkis dengan aeka bagian-bagiannya yang digolongkan ke dalam empat atau delapan bagian besar yang bersifat sederajat dan yang tersusun simetris. Semua golongan dan fraksi diorientasikan ke atas ialah sang raja, yang dianggap keturunan dewa, yang bersifat keramat, yang merupakan puncak dari segala hal dalam Negara dan yang merupakan pusat dari alam semesta. Konsepsi ini diterapkan sepeunuhnya oleh Negara-negara kerajaan Indonesia yang terletak di pedalaman yang ekonominya berdasarkan sistem pertanian padi dengan irigasi di sawah-sawah. Kemudian diterapkan sebagian oleh kerajaan-kerajaan nusantara yang terletak di pantai atau di pesisir yang ekonominya berdasarkan perdagangan maritime dengan armada-armada perdagangan yang menyeberangi laut sampai jauh. Hal in terjadi pada Negara Kutai di pantai Timur Kalimantan dan Sriwijaya di Palembang atau di pertengahan sungai Kampang Sumatera tengah atau mungkin juga di Kota Jambi sekarang.

Negara mataram kuno, Negara Kediri, Negara singosari dan Negara majapahit pada dasarnya merupakan Negara agraris, terletak di daerah subur, di lembah-lembah sungai yang dikelilingi oleh gunung berapi dan rakyatnya hidup bercocok tanam padi di sawah. Di Negara seperti inilah konsepsi Hindu mengenai raja keturunan dewa diserap sepenuhnya ke dalam kebudayaan pribumi dan berkembang biak dengan berbagai bentuk penjelmaannya sendiri-sendiri. Negara majapahitlah yang paling jaya dalam pertengahan abad ke-14, akibat dari surplus produksi pertanian yang dialihkan ke sektor perdagangan yang menyebabkan ekspansi ke tempat-tempat pantai yang strategis di seluruh nusantara serta kea rah barat sampai di beberapa tempat di Vietnam Selatan dan Kea rah timur sampai di beberapa tempat di bagian barat Irian Jaya atau papua (Koentjaraningrat, 199:23).

Demikianlah Artikel Tentang Pengaruh Budaya Asing Di Indonesia (Pengaruh Hindu) Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...