https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Tentang Ciri-Ciri Stratifikasi Sosial


Artikel Tentang Ciri-Ciri Stratifikasi Sosial – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan belajar tentang Ciri-Ciri Stratifikasi Sosial. Adanya stratifikasi sosial membaut sekelompok orang memiliki ciri-ciri yang berbeda dalam hal kedudukan, gaya hidup dan perolehan sumber daya. Ketiga ciri stratifikasi sosial adalah sebagai berikut :

Artikel Tentang Ciri-Ciri Stratifikasi Sosial
Artikel Tentang Ciri-Ciri Stratifikasi Sosial


1. Perbedaan kemampuan

Anggota masyarakat dari kelas (strata) tinggi memiliki kemampuan lebih tinggi dibandingkan dengan anggota kelas sosial di bawahnya. Misalnya, orang kaya tentu mampu membeli mobil mewah, rumah bagus dan membiayai pendidikan anaknya sampai jenjangn tinggi. Sementara itu, orang miskin, harus berjuang keras untuk biaya hidup sehari-hari.

2. Perbedaan gaya hidup

Gaya hidup meliputi banyak hal, seperti mode pakaian, model rumah, selera makan, kegiatan sehari=hari, kendaraan, selera seni, cara berbicara, tata karma, pergaulan, hobi, dan lai-lain. Orang yang bersal dari kelas atas (pejabat tinggi pemerintahan atua pengusaha besar)tentu memiliki gaya hidp yang berbeda dengan orang kelas bawah. Orang kalangan atas biasanya berbusana mahal dan bermerk, berlibur ke luar negeri, bepergian dengan mobil mewah atau naik pesawat, sedangkan orang kalangan bawah cukup berbusana dengan bahan sederhana, bepergian dengan kendaraan umum, dan berlibur di tempat-tempat wisata terdekat.

3. Perbedaan Hak dan Perolehan sumber daya

Hak adalah sesuatu yang dapat diperoleh atau dinikmati sehubungan dengan kedudukan seseorang, sedangkan sumber daya aalah segala sesuatu yang bermanfaat untuk mendukung kehidupan seseorang. Semakin tinggi kelas sosial seseorang maka hak yang diperolehnya semakin besar, termasuk kemampuan untuk memperoleh sumber daya. Misalnya, hak yang dimiliki oleh seorang direktur sebuah perusahan dengan hak yang dimiliki para karyawan tentu bereda. Penghasilannya pun semakin berbeda. Sementara itu, semakin besar penghasilan seseorang maka semakin besar kemampuannya untuk memperoleh hal-hal lain.

Demikianlah Artikel Tentang Ciri-Ciri Stratifikasi Sosial. Semoga bermanfaat.


Baca juga artikel sebelumnya : Artikel Tentang Bentuk-bentuk stratifikasi sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...