https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi


Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi – Hai sahabat, artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi. Yuk, langsung dibahas.

Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi
Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi 


Kebudayaan yang diwariskan oleh nenek moyang kepada kita tidak dengan serta merta menjadi milik kita seutuhnya. Pada setiap proses pewarisan budaya, orang yang menjadi sasaran pewarisan akan mementukan sikap, menerima atau menolak warisan budaya itu. Bila keputusannya adalah menola maka budaya yang diwariskan itu tidak akan pernah menjadi milik pribadi yang bersangkutan. Bila keputusannya adalh menerima maka budaya yang dilakukan untuk memastikan budaya yang diwariskan itu menjadi miliknya adalah dengan melakukan internalisasi.

Internalisasi adalah proses mencerna dan meresapkan nilai-nilai budaya ke dalam hati sanubari anggota masyarakat sehingga alam pikiran, sikap dan perilakunya sesuai dengan kebudayaan masyarakatnya. Keberhasilan sosialisasi sangat tergantung pada kesadaran, keinginan dan tekad yang kuat pada diri setiap individu untuk menerima dan mengikuti budaya masyarakatnya, dan pada akhirnya menjadikan budaya masyarakat itu sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadiannya.

Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi
Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi 


Seseorang yang sedang melakukan proses internalisasi sangat mungkin mengalami prang batin. Penyebabnya adalah nilai budaya yang ada dinilai sudah using atau irrasional, tetapi sebagai anggota masyarakat, individu yang bersangkutan diharuskan bersikap konformitas guna mengikuti kelakuan kolektif.

Proses internalisasi berlangsung dengan pelan-pelan, penuh kesabaran, hati-hati dan memerlukan momen-momen yang tepat. Jika prosesnya tergesa-gesa, sembrono dan tidak pada moment yang tepat maka internalisasi akan mengalami kegagalan. Proses internalisasi dapat berlangsung dengan keras, berat dan disiplin hanya pada lembaga-lembaga tertentu, seperti lembagai pendidikan militer, kepolisian dan kedinasan lainnya. Ini juga dilakukan untuk mencapai tujuan maksimal dari sosialisasi.

Demikianlah Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi. Semoga bermanfaat.


Tag : Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi  Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi  Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi , Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi , Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi , Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi , Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi , Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi , Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi , Pengertian dari Internalisasi dan Penjelasan Lengkap Tentang Internalisasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    4 minggu yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...