https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Yang Membahas Tentang Pemahaman Gelombang Dalam Pelajaran Fisika


Artikel Yang Membahas Tentang Pemahaman Gelombang Dalam Pelajaran Fisika – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Pemahaman Gelombang dalam Pelajaran Fisika.

Artikel Yang Membahas Tentang Pemahaman Gelombang Dalam Pelajaran Fisika
Artikel Yang Membahas Tentang Pemahaman Gelombang Dalam Pelajaran Fisika 


- Pemahaman Gelombang

Sebenarnya, banyak kejadian di Sekitar Anda yang erat kaitannya dengan gelombang. Sebagai contoh, pernahkah anda berpikir mengapa bunyi dari sumber bunyi dapat didengar? Umumnya orang akan menjawab “Tentu saja kita dapat mendengar karena memiliki telinga.” Padahal sebetulnya terdengarnya bunyi bukan hanya disebabkan oleh adanya telinga, tetapi juga disebabkan oleh adanya sumber bunyi dan medium perambatan. Ketika Anda mendengar pembicaraan seseorang, telinga Anda telah menerima gelombang bunyi yang merambat di udara sebagai medium perambatannya.

Berdasarkan sumbernya, gelombang dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik berasal dari osilasi (getaran) suatu titik atau partikel di dalam suatu ruang. Energi dan Momentum getaran dirambatkan melalui gangguan di dalam medium tempat terjadinya getaran tersebut tanpa perpindahan materi. Sebagai contoh, ketika biola dipetik atau digesek, gangguan terhdap tali dijalarkan sepanjang tali. Pada saat yang bersamaan, tali yang bergetar menghasilkan sedikit perubahan pada tekanan udara di sekitarnya, dan perubahan pada tekanan ini dijalarkan sebagai gelombang bunyi melalui udara.

Gelombangn  elektromagnetik berasal dari osilasi muatan-muatan listrik di dalam atom atau molekul. Pada gelombang elektromagnetik, energi dan memonentum dibawa oleh medan listrik dan magnet yang dapat menjalar melalui medium vakum. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik karena dapat menjalar tanpa adanya medium perantara.

Berdasarkan arah getar dan rambatannya, gelombang dibedakan menjadi gelombang transversal dan gelombang longitudinal.

Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus terhadap arah rambatannya, contohnya gelombang permukaan air, glelombang pada tali, dan gelombang cahaya. Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarnya sejajar dengan arah rambatannya, contohnya gelombang bunyi, dan gelombang pada pegas.

Gelombang pada pegas atau slinki dapat menggambarkan bentukc ara pegas tersebut digetarkan. Jika pegas diberi usikan tegal lurus terhadap panjangnya, akan terbentuk gelombang transversal. Adapun jika pegas diberi gaya searah dengan panjang pegas, pada pegas akan trjadi rapatan dan renggangan yang disebut gelombang longitudinal.

Dalam perambatannya, gelombang memindahkan energi dan tidak menyertakan perambatan mediumnnya. Pada kasus gelombang tali, gerakan tangan naik turun membangkitkan energi mekanik pada tali. Energi mekanik tersebut menggetarkan daerah di sekitarnya sehingga daerah di sekitarnya ikut pula bergerak naik turun, demikian seterusnya sampai ujung tali.

1. Panjang, Frekuensi, Periode dan Cepat Rambat Gelombang

Denisi satu gelombang pada gelombang transversal adalah jarak yang sama dengan jarak antara dua puncak berurutan atau dua lembah berurutan. Jarak tersebut dinamakan panjang gelombang (λ).

Pada gelombang longitudinal, panjang gelombang (λ) didefinisikan sebagai jarak yang sama dengan jarak antara dua pusat renggangan yang berdekatan atau jarak antara dua pusat rapatan yang berdekatan.

Jarak yang ditempuh gelmbang setiap satu satuan waktu dinamakan rambat gelombang (ν), sedangkan banyaknya gelombang yang terbentuk setiap satu satuan waktu dinamakan frekuensi (f).

Periode (T) adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak satu panjang gelombang.

Artikel Yang Membahas Tentang Pemahaman Gelombang Dalam Pelajaran Fisika
Artikel Yang Membahas Tentang Pemahaman Gelombang Dalam Pelajaran Fisika 


2. Persamaan umum Gelombang

Besaran-besaran apa yang dimiliki sebuah gelombang? Apakah anda pasti masih ingat bahwa setiap gelombang memiliki frekuensi (f), Periode (T), dan cepat rambat gelombang (ν). Hubungan antara besaran-besaran tersebut secara matematis dituliskan sebagai berikut :



Keterangan :
ν = Cepat rambat gelombang (m/s)
λ = Panjang gelombang (m)
T =  = Periode gelombang (s)
f = Frekuensi Gelombang (Hz)

3. Energi Gelombang

Di Awal bab ini, anda telah mengetahui bahwa gelombang dihasilkan oleh getaran yang dirambatkan. Untuk menghitung energi gelombang, Anda harus mengingat kembali materi Kelas XI tentang energi total massa yang bersosilasi pada pegas. Energi tersebut dituliskans sbb:



Dengan sebagai konstanta gaya dan A adalah amplitudo.

Demikianlah Artikel Yang Membahas Tentang Pemahaman Gelombang Dalam Pelajaran Fisika. Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...