https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Penjelasan Tentang Golongan Darah Dan Macam-Macam Golongan Darah


Penjelasan Tentang Golongan Darah Dan Macam-Macam Golongan Darah – Hai sahabat, artikel kali ini akan menjelaskan tentang golongan darah dan macam-macam golongan darah. Yuk, langsung dibahas.

Penjelasan Tentang Golongan Darah Dan Macam-Macam Golongan Darah
Penjelasan Tentang Golongan Darah Dan Macam-Macam Golongan Darah


- Golongan Darah

Pernahkah anda memeriksakan golongan darah anda? Apakah hasilnya? A, B, AB atau O? golongan darah merupakan salah satu ciri yang diwariskan pada manusia. Penentuan golongan darah ini berdasarkan ada atau tidaknya reaksi pengumpulan antardarah. Berdasarkan hal tersebut, terdapat beberapa macam penggolongan darah, diantaranya sistem ABO, sistem MN, dan sistem RN.

A. Sistem ABO

Penggolongan darah sistem ABO ditemukan oleh K. Landsteiner sekitar tahun 1900. Ia menemukan bahw terkadang jika darah seseorang dicampurkan dengan yang lain, terjadi reaksi penggumpalan  (aglutinasi). Akan tetapi pada orang lain hal tersebut terkadang tidak terjadi. Berdasarkan hal inilah terbentuk empat jenis golongan darah, A, B, AB, atau O (nol).

Proses penggumpalan antargolongan darah dipengaruhi oleh kandungan aglunitogen atau antigen (antibody generator) serta aglutinin (antibody) pada darah-darah tersebut. Jika antigen bertemu dengan antibody lawannya, darah akan menggumpal.

Golongan darah dikendalikan oleh Gen I (Iso-aglunitogen) Yang memiliki tida macam alel, IA, Ib, dan IO. Alel IA mengendalikan pembentukan antigen A dan Alael IB mengendalikan pembentukan antigen B. Adapun alel IO tidak membentuk antigen. Alel IO bersifat resesif terhadap alel IA dan IB Alel IA dan IB bersifat kodominan, dua gen tersebut terekspresikan dan tidak ada yang dominan.

B. Sistem MN

Pada tahun 1927, K. Landsteiner dan P. Levine menemukan antigen baru yang disebut antigen-M dan antigen-N. Sel darah merah manusia dapat mengandung salah satu atau kedua antigen tersebut sehingga terdapat golongan darah M, MN, dan N.

Pada darah manusia, tidak terdapat agglutinin (zat penggumpal) untuk antigen-antigen ini sehingga transfuse darah tidak dipengaruhi sistem golongan darah ini (Suryo, 2011:262). Namun, jika antigen tesebut disuntikkan ke dalam tubuh kelinci akan terbentuk anti-M atau anti-N dalam darah kelinci yang dapat menggumpalkan darah tersebut. Kemudian, zat anti-M dan anti-N yang dihasilkan darah kelinci, digunakan untuk menentukan golongan darah MN pada manusia dengan melihat reaksi penggumpalan eritrosit. Hal inilah yang menentukan penggolana darah sistem MN pda manusia.

c. Sistem Rhesus

Penggolongan darah berdasarkan sitem Rh ditemukan oleh K. Landsteiner dan A.S Weiner pada tahun 1940. Rh merupakan singkatan dari rhesus, diambil dari nama kera macaca rhesus. Pada kera ini didapati antigen yang memicu penggumpalan darah kera oleh antibody darah kelinci dan marmot yang disuntikkan. Kelinci dan marmot membentuk antiserum yang kemudian digunakan untuk menguji darah manusia.

Penjelasan Tentang Golongan Darah Dan Macam-Macam Golongan Darah
Penjelasan Tentang Golongan Darah Dan Macam-Macam Golongan Darah


Berdasarkan pengujian, darah mansuia dibadakan ata Rh+ dan Rh. Individu Rh+ memiliki antigen rhesus. Adapun individu Rh  tidak memiliki antigen rhesus. Pembentukan antigen Rh ini dikendalikan oleh gen IRh yang dominan terhadap Irh.

Perkawinan antara pria dengan Rh+ dan wanita dengan Rh- dapat menyebabkan keturunannya menderita penyakit weritoblastois fetalis. Jika bayi yang dilahirkan memiliki Rh-, kemungkinan bayi tersebut terlahir normal. Kelainan terjadi jika janin yang dikandung Rh- yang diwariskan dari orangtua laki-laki.
Jika anin yang dikandung Rh+,s edangkan ibu Rh-, pada kehamilan pertama bayi tersebut terlahir selamat. Hal ini disebabkan antibody ibu terhadap antigen Rh- belum banyak diproduksi. Akan tetapi, pada kehamilan kedul, jika janin Rh+, janin tersebut akan diserang oleh antibody ibu (antibody- Rh+). Akibatnya, jika Janis Rh+, akan menderita eritroblastosis fetalis. Keadaan ini tidak terjadi jika pria Rh- dan wanita Rh+ atau keduanya memiliki golongan Rh yang sama.

Demikianlah Penjelasan Tentang Golongan Darah Dan Macam-Macam Golongan Darah Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...