https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Yang Membahas Tentang Perkembangan Dan Prinsip Dasar Bioteknologi

Artikel Yang Membahas Tentang Perkembangan Dan Prinsip Dasar Bioteknologi – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Perkembangan dan Prinsip Dasar Bioteknologi. Yuk, langsung dibaca:

Artikel Yang Membahas Tentang Perkembangan Dan Prinsip Dasar Bioteknologi
Artikel Yang Membahas Tentang Perkembangan Dan Prinsip Dasar Bioteknologi 


- Perkembangan dan Prinsip Dasar Bioteknologi

Pernakah anda mendengar kata Bioteknologi? Bioteknologi merupakan suatu usaha terpadu dari berbagai displin ilmu untuk mengolah bahan baku dengan memanfaatkan mikroorganisme dan komponen-komponen lainnya untuk menghasilkan baran dan asa. Displin ilmu yang terlibat dalam bioteknologi, diantaranya kimia, Biokimia, Rekayasa Biokimia, Tekhnik Kimia, Mikrobiologi, dan Tentunya Ilmu Biologi.

Pada masa lalu, bioteknologi selalu diartikan sebagai teknologi fermentasi. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, bioteknologi  semakin berkemang tidak hanya pada mikroorganisme sehingga definisi bioteknologi berubah menjadi lebih luas. Dari sekian banyak definisi Bioteknologi, salah satu defisini yang dibuat oleh United Nation Convention menyebutkan bahwa bioteknologi adalah semua aplikasi teknologi yang menggunakan sistem biologi, organism hidup, atau turunanya untuk membuat atau memodifikasi produk atau proses untuk keperluan umum.

Salah satu ciri dari bioteknologi adalah digunakannya agen biologi dalam proses tersebut. Agen biologi tersebut dapat berupa mikroorrganisme hewan, tumbuhan, atau bagian dari makhluk hidup tersebut.

Bioteknologi secara sederhana telah dikenal manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Contohnya, di bidang teknologi pangan adalah pembuatan bir, roti atau keju. Saat ini, bioteknologi ini ditandai dngan ditemukannya berbagai teknologi, misalnya rekayasa genetika, kultur jaringan, rekombinasi DNA dan cloning.

Perkembanga bioteknologi sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu-ilmu dasar, seperti perkembangan mikobiologi, genetika dan biokimia. Mikrobiologi mempunyai perana sangat penting karena studi mikroorganisme. Penelitian awal terhadap mikroorganisme relative lebih sederhana dibandingkan kelompok makhluk hidup lainnya. Selain itu, kelompok mikroorganisme mudah ditumbuhkan ; pertumbuhannya relative cepat, mudah dilakukan persilangan, analisis genetika, fisiologi dan biokimia. Penelitan awal mengenai makhluk hidup trangenik hasil persilangan gen juga dilakukan terhadpa mikroorganisme.

Mikrobiolgi bukan satu-satunya ilmu dasar yang berperan penting dalam pengemabngan bioteknologi. Genetika dan biokimia pun berperan dalam pengembangan bioteknolog. Genetika beserta pemahaman mengenai pola pewarisan sifat dan substansi genetik menjadi dasar dalam teknologi rekominasi DNA, persilangan, dan mutasi. Biokimia memberikan dasar pemahaman mengenai struktur genetic dan makromolekul lain, misalnya enzim.

Artikel Yang Membahas Tentang Perkembangan Dan Prinsip Dasar Bioteknologi
Artikel Yang Membahas Tentang Perkembangan Dan Prinsip Dasar Bioteknologi 


Pada akhirnya mikrobiologi, genetika dan biokimia berkembang secara simultan dan saling memengaruhi hingga mendorong perkebangan bioteknologi. Ketika ilmu dsar tersebut selanjutnya mendukung perkembagnan biologi molecular sebagai suatu disiplim ilmu baru yang melandasi pengeahui mengenai makhluk hidup dilihat dari molekul pembentuknya. Biologi molecular menjadi ilmu yang mendasari bioteknologi modern.

Ilmu-ilmu dasar dan teknologi yang lain juga mempunyai epranan penting dalam perkembanga bioteknologi. Perkembangan Bioteknologi saat ini sudah sedemikian luas sehingga batasan antardisiplin ilmu dan antarteknologi semakin tipis dan sulit dibedakan.

Beberapa disiplin ilmu dan teknologi yang mendukung bioteknologi menghasikan cabng-cabang bioteknologi baru, diantaranya bioteknolgi pertanina, bioteknologi lingkungna, bioteknologi kesehatan dan bioteknologi industri. Pada saat ini, bioteknologi tidak hanya terbatas pada eksperimen di laboratorium, melainkan sudah berkembang menjadi industri besar.

Demikianlah Artikel Yang Membahas Tentang Perkembangan Dan Prinsip Dasar Bioteknologi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...