https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Artikel Yang Membahas Tentang Evolusi Dan Klasifikasi Dalam Biologi


Artikel  Yang Membahas Tentang Evolusi Dan Klasifikasi Dalam Biologi – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Evolusi dan Klasifikasi dalam biologi. Yuk, langsung dibahas:

Artikel  Yang Membahas Tentang Evolusi Dan Klasifikasi Dalam Biologi
Artikel  Yang Membahas Tentang Evolusi Dan Klasifikasi Dalam Biologi 


- Evolusi dan Klasifikasi

Sejak Darwin mengemukakan teori evolsi dalam buku origin of Species tahun 1859, telah banyak penemuan dan kemajuan dalam bidang Biologi. Bagaimana dengan teori evolusi? Adakah keamjuan yang telah dicapai?

Sistematika merupakan suatu pendekatan analisis terhadap keragaman makhluk hidup dan hubungan evolusi antarorganisme. Adapaun huubungan evolusi antarkelompok organism ini dikenal dengan filogeni. Sejak Darwin, sistematika memiliki tujuan selain pengaturan kelompok makhluk hiup secara sederhana, yaitu untuk membuat klasifikasi yang mencerminkan hubungan evolusi antarmakhluk hidup. Oleh karena itu, dibuat suatu sistem klasifikasi yang memperlihatkan hubunganevolusi antarmakhluk hidup.

Klasifikasi tersebut telah beberapa kali mengalami perubahan mulai dari penamaan spesies, pengelompokkan genus, familia, filmu, bahkan yang telah diajukan untuk mengklasifikasikan makhluk hidup ke dalam kingdom. Mulai dari klasifikasi dua kingdom hingga klasifikasi lima kingdom yang diajukan Robert H. Whittaker pada 1969 dan telah anda pelajari di kelas X.

Para ilmuwan biasanya menggunakan pohon filogenetik untuk menggambarkan hiptesis tentang sejara evolusi spesies. Diagram bercabng ini memperlihatkan hierarki klasifikasi kelompok makhluk hidup ke dalam kelompok yang lebih kecil.

Perlu diingat bahwa pola klasifikasi yang dibuat bukanlah pengelompokkan secara alami, melainkan buatan manusia. Klasifikasi dibuat manusia berdasaran perbedaan dan persamaan morfologi, fisiologi, cara reproduksi dan ciri lainnya.

Pada akhir abad ke-20, perkembangan Biologi Molekular mencapai kemajuan yang cukup baik. Para ilmuwan telah dapat membedakan dan membandingkan spesies serta kedekatan secara evolusi melalui pendekatan molecular. Pada tingkat molecular, kedekatan antara dua spesies sesuai dengan akumulasi erbedaan gomom kedua spesies terrsebut. Semakin dekat kekerabatan antara dua spesies, semakin mirip urutan DNA yang dimiliki keduanya sehngga biologi Molekular dianggap sebagai alat yang tepat untuk sistematika. Oleh Karen itu, muncul sitematika molecular yang membandingkan asam nukleat dan molekul lain untuk menduga kekerabatan dan sejarah evolusi.

Artikel  Yang Membahas Tentang Evolusi Dan Klasifikasi Dalam Biologi
Artikel  Yang Membahas Tentang Evolusi Dan Klasifikasi Dalam Biologi 


Sistem klasifikasi lima kingdom merupakan salah satu usaha manusia untuk mengelompokkan keanekargamaan makhluk hidup ke dalam sebuah pola yang baik dan mencerminkan sejarah evolusi. Pada akhir decade, penelitan melokular menemukan berbagai kejanggalan dalam sistem lima kingdom dan para ilmuwan telah mengajukan berbagai klasifikasi baru, mulai dari klasifikasi 6 kingkodm hingga belasan kingdom. Perdebatan terjadi hingga akhirnya dicapai persetujuan bersama bahwa kingdom kehidupan dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok klasifikasi yang lebih tinggi, disebut domain (Campbell, 2006: 310).

Klasifikasi tiga tomain diajukan oleh Carlas Woese pada tahun 1990 yang menekankan pembagian prokariot menjadi dua kelompok yang awalnya disebut Eubacteria dan Archaebacteria. Bukti molecular dan seluler mengindikasikan bahwa dua keturunan Prokariot (Bacteria dan Archaebaacteria) berevolusi secara terpisah pada awal evolusi kehidupan. Bukti molecular juga mengindikasikan Archaebacteria memiliki kekerabatan lebih dekat dengan eukariot. Akirnya, terbentuklah tiga domain kehidupa, yaitu Bacteria, Archaea, dan Eukarya.

Hingga kini klasifikasi tiga domain sedang dikembagnkan bersama para ilmuwan. Para imuwan berkejasama mengidentifikasikan setiap spesies melalui metode molecular untuk mengungkap jejak sejarah evolusi kehidupan.

Demikianlah Artikel  Yang Membahas Tentang Evolusi Dan Klasifikasi Dalam Biologi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...