https://shope.ee/6Kb2s7Y65L

Apa Dampak Dari Interaksi Desa-Kota? Artikel ini Akan Membahasnya

Apa Dampak Dari Interaksi Desa-Kota? Artikel ini Akan Membahasnya – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang dampak dari Interaksi Desa-Kota. Yuk, langsung dibahas:

Apa Dampak Dari Interaksi Desa-Kota? Artikel ini Akan Membahasnya
Apa Dampak Dari Interaksi Desa-Kota? Artikel ini Akan Membahasnya


- Dampak Interaksi Desa-Kota

Apa Dampak dari Interaksi Desa-Kota? Berikut ini adalah dampak-dampaknya:

a. Dampak Interaksi Bagi desa
Dampak Positif bagi desa akibat adanya interaksi desa dan kota adalah :
a. Pengetahuan pendduk desa menjadi meningkat karena banyak sekolah dibangun di desa. Demikian pula informasi perkembangan dunia dan ilmu pengetahuan yang diterima penduduk kota dengan mudah menyebar ke desa. Misalnya, Pengetahuan tetang bibit unggul, pengawetan kesuburan tanah, dan pengolahan hasil panen.
b. Jumlah guru dan sekolah yang banyak terdapat di desa memungkinkan menjadi penggerak kemajuan penduduk desa melalui pendidikan. Angka buta huruf penduduk desa semakin berkurang.
c. Perluasan jalur jalan desa-kota dan peningkatan jumlah kendaraan bermotor telah menjangkau daerah perdesaan sehingga hubungan desa-kota semakin terbuka. Hasil panen dari desa menjadi mudah diangkut ke kota. Kelangkan bahan pangan di kota dapat dihindari karena suplai bahan pangan mudah dilakukan.
d. Produktivitas desa semakin meningkat dengan hadirnya teknologi tepat guna. Kehadiran teknologi tepat guna akan meningkatkan kesejahteraan penduduk desa.
e. Pelestarian lingkungan hidup perdesaan, seperti pencegahan erosi dan banjir, penyediaan air bersih, serta pengaturan pengairan dapat dilakkan dengan hadirnya para ahli dari berbagai disipilin ilmu.
f. Peningkatan kegiatan wiraswasta yan menghasilkan produk berkualitas, seperti kerajinan tangan, industri rumah tangga, teknik perhubungan dan perbengkelan, serta peternakan dpat dilakukan karena pemerintah turun tangan.
g. Pengetahuan tentang kependudukan bisa sampai ke masyarakat desa yang umumnya memiliki banyak anggota keluarga. Kesadaran memiliki keluarga kecil telah diterima oleh masyarakat desa.
h. Koperasi dan organisasi sosial yang berkembang di pedesaan telah memberi manfaat dalam peningkatan kesejahteraan penduduk dan pembangunan desa.

Apa Dampak Dari Interaksi Desa-Kota? Artikel ini Akan Membahasnya
Apa Dampak Dari Interaksi Desa-Kota? Artikel ini Akan Membahasnya


Sedangkan dampak negative bagi desa akibat adanya interaksi desa dan kota adalh:

a. Modernisasi kota telah melunturkan orientasi pertanian yang menjadi pokok kehidupan mereka. Misalnya, budaya konteks kecantikan, peragaan busana an foto model.
b. Siaran televise yang dapat ditangkap di pelosok desa dapat meningkatkan konsumerisme dan kriminalita. Pneduduk desa dengan mudah meniru iklan dan tindak kejahatan dalam film atau sinetron yang ditayangkan di televise.
c. Pengurangan tenaga produktif bidang pertanian di desa, karena banyak tenaga muda yang lebih tertarik bekerja di kota.
d. Perubahan tata guna lahan di perdesaan akibat perluasan kota dan banyak orang kota membeli lahan di wilayah perbatasan desa-kota.
e. Tata cara dan kebiasaan yang menjadi budaya kota masuk ke pelosok desa dan cednerung mengubah budaya desa.
f. Ketersediaan bahan pangan yang berkurang, peningkatan pengangguran, dan pencemaran lingkungan menjadi masalah penting akibat interaksi desa-kota.

b. Dampak Interaksi bagi kota

Dampak positif bagi kota akibat adanya interaksi desa-kota adalah sbb:

a. Tercukupinya kebutuhan pangan bagi penduduk perkotaan yang sebagian besar berasal dari daerah pedesaan.
b. Jumlah tenaga kerja di perkotaan ssemakin melimpah.
c. Produk-produk yang dihasilkan di daerah perkotaan bisa dipasarkan sampai ke desa.
Dampak Negatif bagi kota akibat adanya interaksi desa dan kota adalah sbb:
a. Jumlah penduduk desa yang pergi ke kota tanpa keahlian menimbulkan permasalahan bagi daerah kota, yaitu semakin meningkatnya pengangguran dan penduduk miskin.
b. Penduduk dengan pendapatan rendah kesulitan mencukupi kebutuhan hidupnya sepri sandan, pangan, papan dsb.
c. Nilai lahan di perkotaan semakin mahal.
d. Terjadinya degradasi kualitas lingkungan.

Demikianlah Apa Dampak Dari Interaksi Desa-Kota? Artikel ini Akan Membahasnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel sebelumnya : Artikel Geografi Yang Menjelaskan Lengkap Tentang Kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

  • 4 Pilihan Dalam Berkehidupan - 4 pilihan dalam berkehidupan :Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu :1. Dengan kedudukan Jadilah yang paling...
    5 bulan yang lalu

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Artikel Tentang Hasil Budaya Manusia Purba Dalam Sejarah (Zaman Batu dan Zaman Logam) – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang A...